Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Analisa Kegagalan pada Sistem Rem Daihatsu Taft Hiline dengan Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis)

An Analysis of Daihatsu Taft Hiline Brake System Failure by Using FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) Method

Authors
  • Muhammad Sabri Universitas Sumatera Utara
  • Muhammad Ramadhansyah Putra Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 1 No 2 (2018): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v1i2.248
Keywords: Analisa Kegagalan FMEA Failure Mode and Effect Analysis Sistem Rem
Published 2018-12-17

Abstract

Sistem rem merupakan komponen penting dalam setiap kendaraan otomotif yang merupakan sebuah sistem keamanan dalam berkendara bertujuan untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan dengan cara mengatur laju kendaraan sehingga kendaraan dapat dikemudikan dengan aman. Kegagalan dalam sistem rem memiliki dampak yang sangat fatal bagi pengendara maupun pengguna jalan lain. Oleh Metode yang digunakan menggunakan proses FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) untuk menentukan penyebab kegagalan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa dan mengidentifikasi kegagalan pada sistem rem.Hasil analisa menggunakan metode FMEA didapat penyebab kegagalan terhadap kegagalan pada komponen sistem rem. Dengan diketahuinya penyebab kegagalan maka dapat dilakukan analisa penilaian terhadap komponen pada sistem rem. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegagalan utama yang terjadi pada sistem rem dapat diakibatkan oleh kondisi fluida rem yang buruk sehingga mempengaruhi kinerja dari tiap – tiap komponen rem.


The brake system is an important component in every automotive vehicles. It is a safety driving system aimed to reduce and stop the vehicle by controlling the speed so that the vehicle could be driven safely. Failure in the brake system has a very fatal impact to motorists and other road users. FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) Method was using to determine the causes of the failure. The purpose of this study is to analyze and identify failures in braking system. The analysis which was using the FMEA method found the causes of failure of the brake system components. By identifying the causes of failure, the components of the brake system can be analyzed. The conclusion of this study is that the main failure occured in brake system could be caused by poor brake fluid that affects the performance of each brake component.