Riset Pasar untuk Mengetahui Kebutuhan Konsumen
Authors | ||
Issue | Vol 2 No 3 (2019): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2019 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v2i3.799 | |
Keywords: | Survei Pasar Teknik Sampling Strategi Pemasaran | |
Published | 2019-12-19 |
Abstract
Pemasaran riset pasar adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis sebab dengan riset pasar akan diketahui apa saja yang diperlukan pasar atau masyarakat dan juga mengetahui para pesaing bisnis.Supaya produk kitchenware dapat bersaing dengan produk lainnya Dengan diketahuinya apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang ada dapat membuat produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar agar dapat bersaing di pasaran. Dengan riset pasar dapat diketahui pula siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut di butuhkan, dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para konsumen dan dapat juga diketahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun dari konsumen. Pemasaran memberi perhatian pada hubungan timbal balik yang dinamis antara produk dan jasa perusahaan, keinginan dan kebutuhan pelanggan serta kegiatan-kegiatan pesaing. Strategi pemasaran merupakan langkah-langkah yang dilakukan sebuah perusahaan baik perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dalam upaya memenangkan persaingan dalam situasi yang kompetitif seperti sekarang ini. Tantangan bagi sebuah perusahaan adalah untuk menarik dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini penentuan jumlah sampel dan populasi yang diamati dengan menggunakan metode Teknik sampling. Teknik sampling yang digunakan adalah metode probability sampling dengan Teknik sampling yaitu simple random sampling dimana setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Penentuan jumlah sampel menggunakan Konsep Harry King. Dalam Nomogram Harry King, Dalam Strategi pemasaran terdiri dari metode berupa segmentasi, Targetting, dan Positioning. Kuesioner digunakan untuk memperoleh informasi dari kebutuhan konsumen. Kuesioner digunakan dalam penelitian berupa kuesioner terbuka dan tertutup. Hasil pengujian validitas dan uji reabilitas yang dilakukan baik secara manual menghasilkan nilai yang sama dengan perhitungan menggunakan Software SPSS terhadap pengujian validitas dan reabilitas.