Analisa Tingkat Kepuasan Penghuni Terhadap Ketersediaan Fasilitas Perumahan di Kecamatan Medan Johor
Authors | ||
Issue | Vol 2 No 1 (2019): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v2i1.426 | |
Keywords: | Fasilitas sosial fasilitas umum kepuasan penghuni perumahan tingkat kepuasan | |
Published | 2019-05-31 |
Abstract
Tingginya kebutuhan akan tempat tinggal menjadi salah satu faktor munculnya kawasan perumahan di daerah pinggiran kota. Kebutuhan akan perumahan ini juga diikuti dengan semakin kompetitifnya para developer dalam menyediakan fasilitas umum dan sosial pada perumahan yang mereka rencanakan guna memberikan kepuasan serta mendukung kualitas hidup penghuni perumahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan penghuni terhadap ketersediaan fasilitas yang ada pada perumahan di Kecamatan Medan Johor. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada para penghuni perumahan di Kecamatan Medan Johor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dimana distribusi frekuensi digunakan untuk menganalisa tingkat kepuasan penghuni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penghuni perumahan pada umumnya merasa puas terhadap fasilitas yang disediakan oleh pihak developer, hal ini ditunjukkan dengan nilai tingkat kepuasan sejumlah 3,59. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi pihak perusahaan pembangunan perumahan maupun perencana seperti arsitek dalam merencanakan penyediaan fasilitas pada sebuah perumahan yang dapat memberikan kepuasan guna mendukung kualitas hidup penghuni perumahan tersebut.
The high demand for housing is one factor in the emergence of residential areas in the suburbs. The need for housing is also followed by increasingly competitive developers in providing public and social facilities in the housing they plan to provide satisfaction and support the quality of life of the residents of the housing. This study aims to identify the level of occupant satisfaction with the availability of existing facilities in housing in Medan Johor District. The method in this study used a quantitative approach through a survey by distributing questionnaires to housing residents in Medan Johor District. This research is a quantitative descriptive study, where frequency distribution is used to analyze occupant satisfaction levels. The results of this study indicate that residents of housing generally feel satisfied with the facilities provided by the developer; this is indicated by the value of the satisfaction level of 3.59. The results of this study are useful for housing development companies and planners such as architects in planning the provision of facilities in a housing that can provide satisfaction to support the quality of life of residents of these housing.