Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Rancangan Produk SOFIA: Solar Fish Auto Feeder Menggunakan Metode Survei Pasar

Authors
  • Mutiara Sijabat Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatra Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No.9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Dimas Prio Prasojo Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatra Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No.9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Rifat Meiza Muharman Program Studi Teknik Industri, Universitas Sumatra Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No.9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
Issue       Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2638
Keywords: Pemberi Makan Ikan Otomatis Survei Pasar Tenaga Surya Automatic Fish Feeder Market Survey Solar Power
Published 2025-07-28

Abstract

Pemberian pakan ikan yang tidak teratur dapat mengganggu sistem pencernaan dan metabolisme ikan, memicu stres, serta meningkatkan risiko kematian. Untuk mengatasi hal ini, metode survei pasar dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola pemberian pakan yang lebih efektif, memahami preferensi pembudidaya, serta menemukan solusi inovatif yang sesuai dengan kebutuhan industri perikanan. Survei pasar merupakan salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan sebelum memperkenalkan produk baru. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan segmen pasar yang paling sesuai dengan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, guna memahami preferensi target pasar terhadap produk SOFIA: Solar Fish Auto Feeder, dilakukan survei pasar dengan membagikan 39 kuesioner kepada pembudidaya ikan. Agar hasil survei memiliki keakuratan yang tinggi, diperlukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas bertujuan untuk memastikan bahwa instrumen survei benar-benar mengukur aspek yang sesuai dengan tujuan penelitian, sedangkan uji reliabilitas bertujuan untuk mengukur konsistensi instrumen penelitian. Selain itu, untuk memahami posisi produk SOFIA: Solar Fish Auto Feeder di pasar dilakukan analisis peta posisi (positioning map). Pada kuadran B terdapat produk SOFIA: Solar Fish Auto Feeder, pesaing I dan III sedangkan produk pesaing III berada di kuadran C. Berdasarkan data yang diperoleh, diharapkan produk ini diterima dengan baik serta memberikan manfaat bagi masyarakat.

Irregular fish feeding can disrupt the digestive system and metabolism of fish, trigger stress, and increase the risk of death. To overcome this, the market survey method can be used to identify more effective feeding patterns, understand farmer preferences, and find innovative solutions that suit the needs of the fisheries industry. Market surveys are one of the marketing strategies often used by companies before introducing new products. This study aims to determine the market segment that best suits the products offered. Therefore, in order to understand the target market preferences for the SOFIA product: Solar Fish Auto Feeder, a market survey was conducted by distributing 39 questionnaires to fish farmers. In order for the survey results to have high accuracy, validity and reliability tests are needed. The validity test aims to ensure that the survey instrument actually measures aspects that are in accordance with the research objectives, while the reliability test aims to measure the consistency of the research instrument. In addition, to understand the position of the SOFIA product: Solar Fish Auto Feeder in the market, a positioning map analysis was carried out. In quadrant B there are SOFIA products: Solar Fish Auto Feeder, competitors I and III while competitor product III is in quadrant C. Based on the data obtained, it is expected that this product will be well received and provide benefits to the community