Pengembangan Sensor Based Anti Sleepy Smart Helmet with Automatic Wipers bagi Pengendara Ojek Online dengan Metode Survei Pasar
Authors | ||
Issue | Vol 7 No 1 (2024): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2024 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v7i1.2253 | |
Keywords: | Sepeda Motor Kuesioner Riset Pasar Validitas Motorcycles Questionnaire Market Survey Validity | |
Published | 2024-10-22 |
Abstract
Sepeda motor adalah transportasi favorit yang paling banyak digunakan karena dapat melewati jalan sempit dalam suatu kemacetan. Perlengkapan dalam berkendara sepeda motor menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan. Penggunaan helm menjadi kewajiban dalam berkendara karena berfungsi sebagai pelindung kepala selama berkendara apabila terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh timbulnya rasa ngantuk. Berdasarkan data, kecelakaan lalu lintas mencapai 69,7 % yang diakibatkan oleh rasa kantuk sehingga berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Kecelakaan juga diakibatkan karena gerakan tangan dalam mengelap kaca helm disaat cuaca hujan dan berangin. Memahami permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu inovasi dan pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen menggunakan suatu metode yang disebut dengan riset pasar. Riset pasar yaitu pengumpulan data dari konsumen terhadap kebutuhan mereka sehingga memberikan gambaran terkait kondisi pasar yang terkait dengan produk yang dikembangkan. Pengumpulan data melalui metode ini menggunakan kuesioner dan dilanjutkan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas dengan tujuan menilai apakah kuesioner yang telah dibuat telah tepat sasaran dan dapat diyakini tingkat konsistennya sehingga dapat diketahui peta posisi produk pada segmen pasar apakah memiliki tingkat utilitas dan performansi produk pada segmen pasar. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis, didapatkan bahwa setiap atribut dari produk Sensor Based Anti Sleepy Smart Helmet with Automatics Wipers adalah valid dan juga reliable dan pada peta posisi produk menggunakan software SPSS diketahui bahwa produk berada pada kuadran B. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan kuesioner telah sah dan dapat diyakini tingkat konsistensinya sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini dan atribut yang terdapat pada produk ini telah memenuhi keinginan dan kepuasan dari pelanggan.
Motorcycles are the most widely used favorite transportation because they can pass through narrow roads in a traffic jam. Motorcycle riding equipment is a must. The use of a helmet is an obligation in driving because it functions as a head protector while driving in the event of an accident caused by sleepiness. Based on the data, 69.7% of traffic accidents are caused by drowsiness, which has the potential to cause accidents. Accidents are also caused by hand movements in wiping the helmet glass during rainy and windy weather. Understanding these problems requires product innovation and development to meet consumer needs using a method called market research. Market research is the collection of data from consumers on their needs so as to provide an overview of market conditions related to the product being developed. Data collection through this method uses a questionnaire and is continued by conducting validity and reliability tests with the aim of assessing whether the questionnaire that has been made has been right on target and can be believed to be consistent so that it can be seen the product position map in the market segment whether it has a level of utility and product performance in the market segment. Based on the results of calculations and analysis, it is found that each attribute of the product Sensor Based Anti Sleepy Smart Helmet with Automatics Wipers is valid and also reliable and on the product position map using SPSS software it is known that the product is in quadrant B. It can be concluded that the use of questionnaires has been valid and can be believed to be consistent as a data collection tool in this study and the attributes contained in this product have fulfilled the desires and satisfaction of customers.