Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Produk Smart Mosquito Trap dengan UV LED, Speaker, dan Aplikasi dengan Survey Pasar

Authors
  • Rheinica Gisela Siagian Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Marthin Paulido Siahaan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Rezky Kakana Sinuraya Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
Issue       Vol 7 No 1 (2024): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v7i1.2237
Keywords: Kuesioner Produk Sampling Survei Pasar Questionnaire Product Market Survey
Published 2024-10-22

Abstract

Nyamuk adalah hewan yang berkembangbiak dengan cepat di iklim tropis seperti negara Indonesia dan yang berudara lembap. Bahkan pada saat manusia tertidur, nyamuk-nyamuk ini masih berkembang biak dan mengganggu manusia. Smart Mosquito Trap merupakan produk yang memiliki berbagai inovasi yang dirancang untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditimbulkan oleh nyamuk. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendapatkan kebutuhan juga harapan pelanggan mengenai produk yang nantinya akan dirancang dan juga diinovasikan. Metode riset pasar difungsikan pada penelitian ini untuk memutuskan bagaimana produk ini dirancang agar memenuhi kebutuhan dan kebutuhan konsumen. Untuk mempromosikan barang dan jasanya kepada calon pembeli, perusahaan melakukan tindakan yang dikenal sebagai kegiatan pemasaran sebelum penjualan. Pemasaran perusahaan harus mencapai beberapa tujuan, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Oleh karena itu, dilakukan strategi pemasaran oleh perusahaan karena sangat penting untuk keberhasilannya. Berhubungan dengan hal itu, peneliti melakukan penyebaran kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup untuk mengumpulkan informasi yang diinginkan konsumen kemudian diuji validitas dan reliabilitas pada produk Smart Mosquito Trap. Karakteristik produk hasil riset pasar meliputi bentuk produk, warna produk, material produk, ukuran produk, ukuran produk, daya baterai, dan tegangan setrum, kawat penyengat, posisi UV LED, speaker, dan fitur aplikasi. Survei pasar pada fitur produk Smart Mosquito Trap membuktikan bahwa seluruh informasi yang diterima valid dan reliable.

Mosquitoes are animals that breed quickly in tropical climates like Indonesia and in humid air. Even when humans are asleep, these mosquitoes still breed and disturb humans. Smart Mosquito Trap is a product that has various innovations designed to solve the problems caused by mosquitoes. This research aims to find and obtain customer needs and expectations regarding products that will be designed and innovated. The market research method is used in this research to decide how this product is designed to meet the needs and needs of consumers. To promote its goods and services to potential buyers, the company takes actions known as marketing activities before sales. A company's marketing must achieve several goals, both short-term and long-term. Therefore, a marketing strategy is carried out by the company because it is very important for its success. In order to gather the information that customers wanted, the researcher distributed both open-ended and closed-ended questionnaires. After that, the validity and dependability of the Smart Mosquito Trap devices were examined. Product characteristics resulting from market research include product shape, product color, product material, product size, product size, battery power, and stun voltage, sting wire, UV LED position, speaker, and application features.