Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Hubungan Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Mahasiswa Reguler Profesi Ners Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Correlation between Stress Level and Coping Strategies among Regular Students of Nurses Profession Program at Faculty of Nursing, University of North Sumatra

Authors
  • Indah Permata Sari Lombu Universitas Sumatera Utara
  • Setiawan Setiawan Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 1 No 1 (2018): TALENTA Conference Series: Tropical Medicine (TM)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/tm.v1i1.55
Keywords: mahasiswa profesi ners tingkat stres strategi koping
Published 2018-10-02

Abstract

Pendidikan profesi ners adalah proses pendidikan yang sepenuhnya dilaksanakan di lahan praktik seperti rumah sakit, puskesmas, klinik bersalin, panti wherda, dan keluarga serta masyarakat atau komunitas. Mahasiswa yang menjalani pendidikan profesi ners rentan terhadap stres karena adanya transisi dari kehidupan kampus ke kehidupan lapangan, oleh karena itu mahasiswa menggunakan sejumlah strategi koping untuk mengatasi stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat stres, strategi koping, dan hubungan tingkat stres dengan strategi koping mahasiswa reguler profesi ners di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan metode tabel power analisys. Besar sampel yang digunakan sebanyak 62 orang. Proses pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner data demografi, kuesioner clinical stress, dan kuesioner coping strategy. Pengumpulan data berlangsung dari bulan Februari-April 2016. Data dianalisis menggunakan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami stres ringan 8.1%, stres sedang 79.0%, dan stres berat 12.9%. Area klinik yang paling banyak menyebakan stres mahasiswa adalah interaksi dengan anggota tim kesehatan (μ=118.6). Mahasiswa yang kadang-kadang melakukan strategi koping 25.8%, dan selalu melakukan strategi koping 74.2%. Strategi koping yang paling banyak dilakukan mahasiswa adalah koping yang diantisipasi (μ=86). Berdasarkan hasil penelitian maka mahasiswa diharapkan mampu mempersiapkan diri dengan dengan baik sebelum dan selama menjalani praktek klinis dengan cara mempelajari pengetahuan asuhan keperawatan kepada klien melalui studi literatur, studi lapangan, diskusi dengan senior, diskusi dengan staf perawat, dan diskusi dengan pembimbing.

Profession Program in Nusing is a process of education fully implemented in clinical practice, such as hospitals, public health centers, maternity clinics, nursing homes, families and communities. Students of of this programme are sensitive to stress because of their life transition from campus to field work. Therefore, students use a number of coping strategies to deal with this stress. This study aimed to identify stress level, coping strategies, and the correlation between stress level and coping strategies among regular students of Nurses Profession Program at Faculty of Nursing, University of North Sumatra. This study employed a correlational design. . The sample was composed of 62 people selected using simple random sampling technique. The research instruments were questionnaires on demographic data , clinical stress and coping strategy . Data were collected from February to April 2016 and analyzed by using Pearson correlation test. The results showed that students who experienced mild stress is 8.1%, 79.0% with moderate stress, and 12.9% with severe stress. Interaction among other health team members caused students feel stressed most(μ = 118.6). 25.8% of students sometimes applied coping strategies, and 74.2% of them always applied coping strategies. Anticipated coping (μ = 86) was applied most. It is suggested that the students be well prepared before and during clinical practice by improving nursing knowledge through literature and field studies, discussions with seniors, nurses, and academic advisors.