Pengalaman Ibu Yang Memiliki Anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Binjai: Studi Fenomenologi
Experiences of Mothers Who Have Autistic Children at Binjai Extraordinary School (SLB): A Phenomenology Study
Authors | ||
Issue | Vol 1 No 1 (2018): TALENTA Conference Series: Tropical Medicine (TM) | |
Section | Articles | |
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/tm.v1i1.43 | |
Keywords: | ibu anak autis | |
Published | 2018-10-02 |
Abstract
Autis merupakan suatu gangguan perkembangan yang ditandai dengan adanya kekurangan pada aspek komunikasi dan interaksi sosial, kesulitan dalam melakukan komunikasi verbal dan non verbal, tingkah laku terbatas dan berulang. Pengalaman ibu yang memiliki anak yang autis penting untuk diperhatikan karena anak autis memerlukan bantuan dalam berperilaku, memenuhi aktivitas sehari-hari dan membutuhkan arahan dan pengawasan dalam berhubungan dengan orang lain yang menimbulkan ketergantungan yang tinggi pada orangtua khususnya ibu. Penelitian ini menggunakan desain fenomenologi yang bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman ibu yang memiliki anak autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Binjai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah partisipan sebanyak delapan orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2016. Analisa data menggunakan metode Collaizi. Penelitian ini menemukan 5 tema terkait dengan pengalaman ibu yang memiliki anak autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Binjai, yaitu (1) mengalami masalah psikologis dan fisik, (2) menerima kondisi anak yang mengalami autis, (3) memberi perawatan pada anak, (4) mengalami kendala dalam merawat anak, dan (5) harapan ibu terhadap anak yang mengalami autis. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber acuan dan pertimbangan sekolah untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam memberikan dukungan bagi ibu yang memiliki anak autis sehingga orangtua mengerti tentang autis dan perawatannya.
Autism is a developmental disorder characterized by lack of communication and social interaction, difficulties in verbal and non verbal communication, having restricted and repetitive behavior. The experiences of mothers who have autistic children are important to understand because autistic children need helps to behave and to fulfill their daily activities. They also need advice and control over social interaction that lead to their high dependence on parents, especially mothers. This study used a phenomenological design and aimed to explore the experiences of mothers who have autistic children at Binjai Extraordinary School (SLB). The sampling technique used was purposive sampling. The participants composed of 8 children. This study was conducted from March to June 2016. Data were analyzed using Collaizi method. This study revealed 5 themes related to the experiences of mothers who have autistic children Binjai Extraordinary School (SLB), i.e. 1) suffering psychological and physical problems, (2) accepting the condition of children with autism, (3) giving care to children, (4) having problems in caring for children, and (5) mother's expectations for children with autism. It is expected that the results of this study used as source of reference for extraordinary schools to improve knowledge and skills for support mothers who have autistic children so that parents understand about autism and its treatment.