Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Inovasi Bahan Ajar Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pengajaran Analisis Anion

Authors
  • Manihar Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Marudut Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Debby Suci Martalina Universitas Negeri Medan
  • Ajat Sudrajat Universitas Negeri Medan
  • Marham Sitorus Universitas Negeri Medan
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.563
Keywords: inovasi pembelajaran bahan ajar analisis anion berbasis multimedia kompetensi mahasiswa
Published 2019-07-31

Abstract

Kesiapan perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan berkualitas baik dan kompeten menghadapi perubaahan dunia dalam era revolusi industri dunia keempat harus didukung, yaitu melalui pemanfaatan teknologi informasi di dalam pembelajaran sebagai Implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan adalah melalui pengadaan bahan ajar bermutu yang dapat memotivasi dan menuntun mahasiswa belajar secara mandiri memanfaatkan teknologi terkini. Tujuan penelitian ini adalah melakukan inovasi terhadap bahan ajar kimia analitik untuk menghasilkan bahan ajar standar, inovatif dan interaktif berbasis multimedia untuk pengajaran Analisis Anion. Penelitian dilakukan bersama mitra kerja Dosen Tim Pascasarjana dan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED). Tahapan penelitian terdiri atas: (1) penyusunan materi bahan ajar yang lengkap sesuai kurikulum KKNI untuk pengajaran Analisis Anion, (2) melakukan inovasi terhadap bahan ajar agar mendukung pembelajaran aktif, (3) Implementasi pembelajaran menggunakan bahan ajar inovatif hasil pengembangan sebagai media pembelajaran dalam pengajaran Analisis Anion. Hasil penelitian telah berhasil mengembangkan bahan ajar standar, inovatif dan interaktif berbasis multimedia untuk pengajaran Analisis Anion yang dikemas dalam bentuk Textbook dan E-book yang dilengkapi lembar kerja yang dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar sebagai tahapan dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam Kimia Analitik. Penggunaan bahan ajar inovatif dalam pembelajaran sangat efektif dipergunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pengajaran Analisis Anion. Kompetensi mahasiswa pada kelompok yang diberikan pengajaran menggunakan bahan ajar inovatif lebih tinggi dibanding kelompok kontrol yang menggunakan buku pengangan mahasiswa. Bahan ajar inovatif dapat memfasilitasi mahasiswa belajar kimia secara aktif, mudah, efisien, dan menyenangkan sehingga mahasiswa termotivasi untuk belajar secara mandiri dalam usaha mencapai kompetensi sesuai tuntutan kurikulum berorientasi KKNI

How to Cite
Manihar Situmorang, Marudut Sinaga, Debby Suci Martalina, Ajat Sudrajat, & Marham Sitorus. (2019). Inovasi Bahan Ajar Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pengajaran Analisis Anion. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.563