Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Peningkatan Kewaspadaan Bencana Gempa Bumi Pada Anak Usia Dini Melalui Media Game Edukasi Digital

Increasing Awareness of Earthquake Disasters in Early Childhood Through Digital Educational Game Media

Authors
  • Rahmi Karolina Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Hilma Tamiami Fachrudin Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Indra Aulia Fakultas Informatika, Telkom University, Jakarta, Indonesia
  • Annisa Tanurin Nasution Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Maulida Hasni Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Luthfiah Khairunnisa Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
Issue       Vol 6 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Agricultural and Natural Resources (ANR)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/anr.v6i1.2484
Keywords: Anak Usia Dini Gempa Bumi Game Edukasi Kewaspadaan bencana Early Childhood Earthquake Educational Game disaster awareness
Published 2025-03-21

Abstract

Gempa bumi terjadi akibat adanya pelepasan energi dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi dan bisa juga dikarenakan letusan gunung berapi. Bedasarkan sebab terjadinya, gempa dibedakan menjadi tiga macam macam, yaitu Gempa Vulkanis, Gempa Tektonik dan Gempa Runtuhan (Terban). Saat ini penanaman pengetahuan akan bahaya gempa bumi pada anak usia dini masih sangat minim. Hal ini menyebabkan pentingnya media edukasi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik guna meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana gempa bumi. Untuk itu game edukasi dapat menjadi solusi dalam permasalahan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada siswa sekolah dasar islam terpadu Siti Hajar Medan khususnya kelas 5 dan 6 sebanyak 215 orang. Data dianalisa secara deskriptif untuk melihat sejauh mana para siswa dapat memahami tentang kewaspadaan dan mitigasi bencana gempa bumi. Game edukasi suatu pola permainan yang dikemas untuk menstimulasi daya pikir anak menjadi lebih bersemangat dan lebih meningkatkan konsentrasi, sekaligus meningkatkan semangat belajar anak. Pegabdian ini dapat menambah pengetahuan pada anak usia dini akan bahaya dari gempa bumi serta meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana gempa bumi.

Earthquakes occur due to the sudden release of energy in the earth, which is characterized by the breaking of rock layers in the earth's crust and can also be caused by volcanic eruptions. Based on the cause of occurrence, earthquakes can be divided into three types, namely Volcanic Earthquakes, Tectonic Earthquakes and Collapse Earthquakes. Currently, the cultivation of knowledge of the dangers of earthquakes in early childhood is still very minimal. This causes the importance of fun and interesting learning educational media to increase awareness of earthquake disasters. For this reason, educational games can be a solution to this problem. The method used in this research is quantitative. Data collection was carried out by distributing questionnaires to students of Siti Hajar Medan integrated Islamic elementary school, especially grades 5 and 6 as many as 215 people. The data were analyzed descriptively to see the extent to which students could understand about earthquake disaster awareness and mitigation. Educational games are a pattern of games that are packaged to stimulate children's thinking to be more excited and increase concentration, while increasing children's enthusiasm for learning. The community service can increase knowledge in early childhood about the dangers of earthquakes and increase awareness of earthquake disasters.