Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Hubungan Kepribadian Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Relationship between Personality and Academic Achievement of students at Faculty of Nursing, University of North Sumatra

Authors
  • Septina Sari Nasution Universitas Sumatera Utara
  • Reni Asmara Ariga Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 1 No 1 (2018): TALENTA Conference Series: Tropical Medicine (TM)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/tm.v1i1.31
Keywords: kepribadian prestasi akademik
Published 2018-10-02

Abstract

Kepribadian merupakan karakteristik khusus yang dimiliki oleh setiap individu yang mencerminkan sikap dan perilaku yang dimilikinya. Kepribadian dapat mempengaruhi tingkat prestasi mahasiswa. Penelitian Hubungan Kepribadian dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara ini menggunakan desain deskriptif korelatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian dengan tingkat prestasi mahasiswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 234 mahasiswa Fakultas Keperawatan USU. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Adapun hasil pengujian statistic Chi-square menyatakan adanya hubungan variabel bebas kepribadian dengan variabel terikat indeks prestasi mahasiswa dengan nilai p-value sebesar 0,043. Selanjutnya dilakukan pengujian statistic nonparametric test sperman rho yang menghasilkan kekuatan hubungan korelasi variabel kepribadian terhadap indeks prestasi sebesar 0,050. Adapun saran bagi penelitian selanjutnya adalah menyertakan variabel lain yang mempengaruhi prestasi akademik seperti minat, motivasi, guru dan cara mengajar serta faktor lingkungan sehingga dapat dilihat pengaruh dari variabel-variabel tersebut.

Personality is a special characteristic possessed by a person that reflects his attitude and behavior. Personality can affect the level of academic achievement. This study employed a correlational design with 234 students of Faculty of Nursing, University of North Sumatra as samples. This study aimed to determine the relationship between personality and academic achievement. The sampling technique used was proportionate stratified random sampling. The results of the Chi-square test determined that there was a relationship between personality trait as independent variable and academic achievement index as dependent variable with p-value of 0.043. Then, a nonparametric spearman’s rho test was conducted and produced correlation relationship strength of the personality variable to the achievement index of 0.050. It is suggested that next research should consider other variables that might affect academic achievement such as interest, motivation, lecturer teaching styles, and environment.