Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Gambaran Empati Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsup H. Adam Malik Medan

Nurse's Empathy in Providing Nursing Care in Inpatient Rooms in H. Adam Malik Hospital Medan

Authors
  • Ranafika Butarbutar Universitas Sumatera Utara
  • Achmad Fathi Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 1 No 1 (2018): TALENTA Conference Series: Tropical Medicine (TM)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/tm.v1i1.29
Keywords: empati perawat
Published 2018-10-02

Abstract

Empati merupakan suatu proses memahami perasaan orang lain dan ikut merasakan yang orang lain rasakan. Empati dibagi menjadi dua komponen utama, yaitu kognitif dan afektif. Empati secara kognitif adalah proses memikirkan suatu situasi dari sudut pandang orang lain, sedangkan secara afektif akan membuat seseorang melakukan sesuatu untuk menolong dan menunjukkan kepeduliannya pada orang lain. Oleh karena itu empati menjadi sangat penting bagi seorang perawat untuk menjalin hubungan terapeutik dan juga berkomunikasi dengan pasien. Perawat yang memiliki empati, akan lebih mudah untuk menjalin hubungan terapeutik sehingga pasien akan lebih mudah menerima tindakan asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran empati perawat dalam memberikan asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUP H. Adam Malik Medan. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan sampel 141 perawat pelaksana yang dipilih secara accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan nilai koefisien reliabel 0,86. Analisis data dengan menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 120 perawat (85,1%) memiliki empati dalam kategori baik dan 21 perawat (14,9%) dalam kategori cukup baik. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan agar pihak manajemen keperawatan rumah sakit terus meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan pada pasien dan dalam waktu berkala melakukan evaluasi tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.

 

Abstract

Empathy is a process of understanding and participating in others’feeling. Empathy is divided into two main components, cognitive and affective. Cognitive empathy is the process of thinking from another person's point of view, while affective empathy is feeling concern for the suffering of another person and a desire to help. Therefore empathy becomes very important for nurses to establish therapeutic relationships and to communicate with patients. Nurses showing empathy to patients will have no difficulty to establish therapeutic relationships because the patients will feel more comfortable to receive the nursing care plan actions. This study aimed to determine the overview of nurses’ empathy in providing nursing care in among inpatient in H. Adam Malik Hospital Medan. This study employed a descriptive research with 141 nurses selected by using accidental sampling. For data collection, a questionnaire was used as the study instrument with Cronbach alpha of 0.86. Data were analyzed by using univariate analysis. The results of this study showed that 120 nurses (85.1%) were in good category and 21 nurses (14.9%) were in moderate category in empathy. It is recommended that the hospital nursing management improve the quality of nursing care for patients and evaluate patient satisfaction on regular basis.