Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Berbasi Proyek dengan Multimedia untuk Pengajaran Senyawa Asam Karboksilat

Authors
  • Jamalum Purba Universitas Negeri Medan
  • Ratu Evina Dibiyantini Universitas Negeri Medan
  • Manihar Situmorang Universitas Negeri Medan
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.562
Keywords: bahan ajar Inovasi Pembelajaran proyek mini multimedia kompetensi asam karboksilat
Published 2019-07-31

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran sangat diperlukan dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten untuk mengisi dunia kerja di era revolusi industri dunia keempat. Pemanfaatan teknologi terkini menggunakan multimedia dalam pembelajaran akan dapat mendorong mahasiswa belajar aktif, lebih bermakna, dan temotivasi belajar secara optimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar inovatif berbasis proyek dengan multimedia untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa pada pengajaran Senyawa Asam Karboksilat sesuai tuntutan kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Prosedur penelitian dilakukan melalui tahapan: (1) menyusun bahan ajar Senyawa Asam Karboksilat yang lengkap sesuai kurikulum KKNI, (2) menyusun paket proyek yang diintegrasikan dengan multimedia untuk memfasilitasi mahasiswa belajar aktif, (3) Implementasi pembelajaran menggunakan bahan ajar inovatif hasil pengembangan pada pengajaran Kimia Organik. Dari hasil penelitian telah tersedia paket bahan ajar yang inovatif berbentuk proyek mini yang diintegrasikan dengan multimedia untuk pengajaran Senyawa Asam Karboksilat. Pembelajaran Kimia Organik menggunakan bahan ajar hasil pengembangan terbukti sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan bahan ajar inovatif berbentuk proyek mini dengan multimedia memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan terhadap kelompok mahasiswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Pembelajaran berbasis proyek dengan multimedia dapat memfasilitasi mahasiswa belajar kimia organik secara aktif sehingga kemampuan berpikir kritis mahasiswa meningkat. Paket pembelajaran inovatif hasil pengembangan dapat membawa pengajaran Kimia Organik lebih sederhana, mudah dipelajari dan memberikan kesan pembelajaran yang lebih lama diingat oleh mahasiswa.

How to Cite
Jamalum Purba, Ratu Evina Dibiyantini, & Manihar Situmorang. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Berbasi Proyek dengan Multimedia untuk Pengajaran Senyawa Asam Karboksilat. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.562