Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Problem Based Learning Model to Improve Student’s Mathematical Problem Solving Skill

Authors
  • Yenita Roza Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Eliya Astika Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.556
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah Pemecahan masalah matematika Proses pembelajaran
Published 2019-06-30

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus kegiatan. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas matematika SMA XII. Subjek diberikan tes pemecahan masalah matematika untuk mendapatkan data keterampilan mereka dalam pemecahan masalah matematika. Instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelajaran dan lembar aktivitas Siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes pemecahan masalah. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis naratif deskriptif data kualitatif dan analisis statistik deskriptif data kuantitatif. Dari data kualitatif ditemukan peningkatan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah matematika yang meliputi keterampilan mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, merancang dan melaksanakan rencana untuk memecahkan masalah, dan menafsirkan solusi. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata 66,18 pada siklus 1 menjadi 86,32 pada siklus II. Dari data kualitatif dan kuantitatif dapat disimpulkan bahwa PBL telah meningkatkan keterampilan siswa dalam keterampilan masalah matematika serta proses pembelajaran. Penelitian ini memberi tanda bagi peneliti lain untuk mengetahui dampak PBL lainnya dalam Pembelajaran Matematika.

 

The goal of this research is to improve senior high school’s student skill in mathematics problem solving. Learning model used in this study is Problem Based Learning (PBL). This research used the Classroom Action Research model that conducted with two cycles activities. The subject of this research were 20 students on mathematics class of grade XII senior high schools. Subject were given mathematical problem solving test to get the data of their skills in mathematics problem solving. Learning instruments used in this research were Syllabus, Lesson Plan and Students’ activities sheet. Instrument used for data collecting is problem solving test. Data analysis techniques in this study are descriptive narrative analysis of qualitative data and descriptive statistics analysis of quantitative data. From qualitative data founded the improvement of students’ skill in mathematics problem solving which included the skill of identifying problem, formulating problem, design and carrying out the plan for solving problem, and interpreting the solution. The improvement of learning achievement showed by increasing of means score 66.18 in 1st cycle into 86.32 in the 2nd cycle. From the qualitative and quantitative data can be concluded that PBL has improved the students’ skill in mathematics problem skill as well as the learning process. This study giving a sign for other researcher to find out the other impact of PBL in Learning Mathematics.

How to Cite
Yenita Roza, & Eliya Astika. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.556