Pengembangan Model dan Media Pembelajaran yang Berorientasi pada Struktur Berbasis TIK untuk Meningkatkan Pemahaman Multipel Representasi Kimia Fisik II Mahasiswa Pendidikan Kimia
Development of Oriented Learning Models and Media on ICT-Based Structure to Improve The Multiple Understanding of Physical Chemistry II to Chemistry Students
Authors | ||
Issue | Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST) | |
Section | Articles | |
DOI: | https://doi.org/10.32734/st.v2i2.555 | |
Keywords: | model desain pembelajaran multipel representasi Kimia Fisika II | |
Published | 2019-06-30 |
Abstract
Berdasarkan kurikulum Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi, mata kuliah Kimia Fisika II, merupakan salah satu mata kuliah yang tergabung dalam kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK). Dengan demikian keberadaan pokok bahasan dalam mata kuliah ini sangat penting, namun banyak mahasiswa yang kurang antusias dan kurang berminat mempelajarinya, yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar yang mereka peroleh. Bila ditilik dari materinya sarat dengan teori-teori dan konsep yang abstrak, dimana menuntut penalaran yang tinggi untuk level makroskopis, mikroskopis dan simbolik. Multiple representasi merupakan bentuk representasi yang memadukan antara teks, gambar nyata, atau grafik. Perlu diketahui,untuk perangkat pembelajaran dan model pembelajaran yang tepat untuk Kimia Fisika II ini perlu dikaji dan dikembangkan. Pada penelitian ini, pembelajaran dengan multipel representasi diharapkan mampu untuk menjembatani proses pemahaman siswa terhadap konsep-konsep Kimia Fisika II. Representasi kimia dikembangkan berdasarkan urutan dari fenomena yang dilihat, persamaan reaksi, model atom dan molekul, dan simbol. Tingkat makroskopis yang bersifat nyata dan mengandung bahan kimia yang kasat mata dan nyata. Tingkat submikroskopis juga nyata tetapi tidak kasat mata yang terdiri dari tingkat partikulat yang dapat digunakan untuk menjelaskan pergerakan elektron, molekul, partikel atau atom. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk mengembangkan suatu model dan media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat secara mandiri mempelajari dan memahami materi Kimia Fisika II, sehingga memberikan keleluasaan dan keluwesan bagi mahasiswa. Model desain pembelajaran Kimia Fisika II berbasis multipel representasi untuk dipakai mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan aplikasi computer assisted learning telah dikembangkan supaya dapat menggali kemampuan individual mahasiswa serta menimbulkan daya tarik, sehingga diharapkan dapat melahirkan motivasi bagi mahasiswa dalam meningkatkan prestasi dan hasil belajarnya. Disamping itu, model desain pembelajaran Kimia Fisika II berbasis multipel representasi ini juga diharapkan dapat menjembatani permasalahan keterbatasan kemampuan daya serap mahasiswa dan keterbatasan kemampuan dosen dalam proses belajar mengajar di kelas, untuk memahami dan memberikan perlakuan sesuai dengan karakteristik mahasiswa secara individual. Dengan cara ini diharapkan tingkat penguasaan konsep dan keterampilan proses sains mahasiswa sebagai calon guru kimia terhadap materi Kimia Fisika II akan lebih baik sehingga dapat meningkatkan kompetensi profesional calon guru kimia. Hasil dari penelitian ini akhirnya adalah model desain pembelajaran Kimia Fisika II berbasis multipel representasi yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan juga sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan serta mengandung unsur edukasi.
Based on the curriculum in the Chemical Education Study Program FKIP Jambi University, the subject of Physical Chemistry II, is one of the subjects joined in the group of Scientific and Expertise Courses/ Mata Kuliah Keahlian (MKK). Thus the existence of the subject matter in this course is very important, but many students are less enthusiastic and less interested in learning it, which is characterized by the low learning outcomes they obtain. Judging from the material loaded with abstract theories and concepts, students require high reasoning for macroscopic, microscopic and symbolic levels. Multiple representation is a form of representation that combines text, real images, or graphics. The learning devices and appropriate learning models for Physical Chemistry II are needed to be studied and developed. In this study, learning with multiple representations is expected to be able to connect the process of students' understanding of the concepts of Physical Chemistry II. Chemical representations are developed based on the sequence of phenomena seen, reaction equations, atomic and molecular models, and symbols. Macroscopic level that is real and contains visible and real chemicals. The submicroscopic level is also real but invisible which consists of particulate levels which can be used to explain the movement of electrons, molecules, particles or atoms. Therefore, it is deemed necessary to develop a model and learning media that can help students to be able to independently study and understand Physical Chemistry II material, so as to provide flexibility and flexibility for students. The learning model of Physics Chemistry II based on multiple representations to be used to develop ICT-based interactive learning media with computer assisted learning applications has been developed to be able to explore individual student abilities and generate attraction, so that it is expected to generate motivation for students to improve their achievement and learning outcomes. Besides that, this multi-representation based Physics II learning design model is also expected to be able to bridge the problem of the limitations of the student's absorptive capacity and the limited ability of lecturers in the teaching and learning process in the classroom, to understand and provide treatment according to individual student characteristics. In this way, it is expected that the mastery of the concepts and skills of science process students as prospective chemistry teachers on Physical Chemistry II material will be better so that it can improve the professional competence of chemistry teacher candidates. The results of this study are finally the Physical Chemistry II learning design model based on multiple representations that are in accordance with the applicable curriculum and also in accordance with educational rules and contain elements of education.