Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengembangan RPP Dan LKPD pada Materi Pokok Trigonometri Melalui Penerapan Model Discovery Learing untuk SMA/MA

Developmentlesson Plan and Student Worksheet on Subject Trigonometry Through Implementation Discovery Learning Model for High School

Authors
  • Tini Solfitri Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau
  • Rini Dian Anggraini Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau
  • Shanti Sarah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Riau
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.554
Keywords: Model Discovery Learning LKPD RPP Trigonometri
Published 2019-06-30

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya ketersediaan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum 2013 oleh guru.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan RPP dan LKPD yang mengacu pada model discovery leaning pada materi trigonometri untuk peserta didik SMA/MA dengan kriteria minimal valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE oleh Dick and Carry yang terdiri dari tahap analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan) dan evaluation (penilaian), pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap impelmentation. Pada penelitian ini dilakukan uji coba dalam dua tahap yaitu uji coba kelompok terbatas dan uji coba kelompok besar pada peserta didik kelas XI SMA. Berdasarkan hasil analisis data di perolehrata-rata penilaian untuk RPP adalah 3.65 dan rata-rata penilaian untuk LKPD adalah 3.63 sehinggaRPP dan LKPD ini sangat valid. LKPD ini juga sudah memenuhi syarat praktikalitas dengan presentase respon peserta didik mencapai 92,5 % pada uji coba kelompok terbatas dan kelompok besar dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk berupa RPP dan LKPD matematika dengan model discovery learning pada materi Trigonometri untuk SMA/MA dinilai sangat valid dan praktis.

 

The background of thisresearchis by the limited availability of mathematics learning instrument based curicullum 2013 by teachers. This research purpose is produce to mathematics learning instrument (Lesson Plan and Student Worksheet) which refers toDiscovery Learning model on matter of build trigonometri for SMA/MA with minimum valid and practical criteria. This reserch method used is ADDIE model by Dick and Carry, that consist of analysis, design, development, implementation and evaluation, but the reserch only done to implementation stepdue to time and cost constraints.In this research, a limited trial was conducted on 17 students of high school class XI.. Based on the results, data analysis can be concluded that the study of mathematics is very valid to the average ratings for the lesson plan is 3.71 and the average ratings for the student worksheet is 3.52. The student worksheet has also reached the practical qualification in mean percentage of student responses 94,58% in limited group trial with very practical criteria. Based on the results of this study can be concluded that the product in the form of RPP and LKPD mathematics with discovery learning model on Trigonometry material for SMA / MA is considered very valid and practical.

How to Cite
Tini Solfitri, Rini Dian Anggraini, & Shanti Sarah. (2019). Pengembangan RPP Dan LKPD pada Materi Pokok Trigonometri Melalui Penerapan Model Discovery Learing untuk SMA/MA. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.554