Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Asessment Higher Order Thingking Skills untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Dasar-Dasar Pendidikan MIPA (DDP MIPA)

Assessment Higher Order Thinking Skills to Improve Learning Outcome of Basic Math and Science Education

Authors
  • Syaiful Rochman Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu
  • Nirwana Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu
  • Indra Sakti Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.552
Keywords: Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi hasil belajar
Published 2019-06-30

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di mata pelajaran dasar Pendidikan MIPA yaitu meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan penilaian pemikiran Tingkat Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, observasi, dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika FKIP UNIB yang mengambil mata kuliah Pendidikan Dasar MIPA pada semester ganjil tahun bahasa 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi data dengan skor 1-3 (1 = kurang, 2 = cukup, dan 3 = baik). Data uji diproses untuk mencari pembelajaran rata-rata, daya serap, dan penguasaan. Pencapaian inducor terhadap kecepatan aktivitas, yaitu siklus III> siklus II> siklus I dan dikategorikan baik. Hasil belajar membahas siklus rata-rata pada siklus III> siklus II> siklus I. Daya serap dikatakan meningkatkan siklus III> siklus II. Siklus. Pembelajaran individual berbicara siswa benar-benar baru ≥ 70 dan benar-benar klasik ≥ 85% siswa mendapat nilai ≥ 70. Kesimpulan dari studi Penilaian HOTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Program Fisika FKIP Universitas Bengkulu. Ini bisa dilihat dari kegiatan perkuliahan mahasiswa di Jurusan Fisika FKIP Universitas Bengkulu. Kemampuan penyerapan siswa siklus I adalah 64%, siklus kedua adalah 73,3%, dan siklus III adalah 82,7%, dan ketuntasan belajar siklus I adalah 65%, siklus II adalah 85% dan siklus III adalah 100%.

 

This study was conducted to improve the quality of learning in the basic courses of Pendidikan MIPA that is to increase student activity and improve students' cognitive learning outcomes by applying High-Level thinking assessment. This study is a classroom action research consisting of three cycles. Each cycle consists of planning, observation, and reflection. The population of this study is physics education students FKIP UNIB who took the eye of Basic Pendidikan MIPA Course in the odd semester of language year 2017/2018. The research instrument used is observation and test sheet. Data observation sheet with score 1-3 (1 = less, 2 = enough, and 3 = good). Test data is processed to search for average, absorbency, and mastery learning. Inducor achievement of activity speed, ie cycle III> cycle II> cycle I and good categorized. Learning outcomes discuss the average cycle in cycle III> cycle II> cycle I. Absorption power is said to increase cycle III> cycle II> cycle I. individual speaking learning completely new students ≥ 70 and completely classical ≥ 85% of students got the value ≥ 70. The conclusion of HOTS Assessment study can improve student learning outcomes in Physics Program of FKIP University of Bengkulu. This can be seen from the lecture activities of students in Physics Department of FKIP University of Bengkulu. Absorption ability of first cycle student is 64%, second cycle is 73,3%, and cycle III is 82,7%, and completeness of study cycle I is 65%, cycle II is 85% and cycle III is 100%.

How to Cite
Syaiful Rochman, Nirwana, & Indra Sakti. (2019). Asessment Higher Order Thingking Skills untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Dasar-Dasar Pendidikan MIPA (DDP MIPA). Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.552