Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII8 MTsN Andalan Pekanbaru

Application of Contextual Approach in STAD Type of Cooperative Learning Model to Improve Mathematics Learning Outcomes of The Students at Class VIII8 MTsN Andalan Pekanbaru

Authors
  • Susda Heleni Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Salmaini Safitri Syam Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Titi Solfitri Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.551
Keywords: Kontekstual Pembelajaran kelompok STAD
Published 2019-06-30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran kelompok STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII8 MTsN Andalan Pekanbaru pada semester kedua tahun akademik 2015/2016 dengan subjek sebanyak 36 siswa, terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran dan pengumpul data instrumen. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelajaran dan Lembar Kerja. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus II telah terjadi peningkatan dari penerapan pada siklus I. Kelemahan pada siklus I meningkat pada siklus II implementasi sesuai dengan perencanaan peningkatan setelah siklus refleksi I. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Penguasaan Minimum meningkat dari skor dasar ke tes harian II. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Penguasaan Minimum pada skor dasar, tes harian I dan tes harian II masing-masing 11 orang (30,55%), 23 orang (63,88%) dan 26 orang (72,22%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran kontekstual dan kelompok pada pembelajaran STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dari siswa di kelas VIII8 MTsN Andalan Pekanbaru pada semester II tahun akademik 2015/2016 di Kompetensi Dasar 5.3 Menghitung luas permukaan dan volume Balok, Kubus, Prisma, dan Piramida.

 

This research aims to improve the learning process and increase the student’s mathematics learning outcomes through the implementation of Contextual Teaching and Learning in Cooperative Learning of STAD. This type of research is the Classroom Action Research with two cycle. The research was conducted in class VIII8 MTsN Andalan Pekanbaru in the second semester of the 2015/2016 academic year with the subject of as many as 36 students, consist of 18 boys and 18 girls. The research instrument consists of learning devices and instrument data collectors. Learning device used in this research is the Syllabus, Lesson Plan and Worksheet. The instrument data collector used in this research is the observation sheet and math achievement test. Data analysis technique used is descriptive statistical analysis. Based on the result of the research showed that implementation of learning process on cycle II had happened improvement from implementation on cycle I. Weakness on cycle I is improved on implementation cycle II according with planning of improvement after reflection cycle I. Number of students that reach Minimum Mastery Criteria increase from basic score to daily test II. The number of students who reach Minimum Mastery Criteria on basic scor, daily test I and daily test II are respectively 11 person (30,55%), 23 person (63,88%) and 26 person (72,22%). Results of this research indicates that application of the Contextual Teaching and Learning in Cooperative Learning of STAD can improve learning process and increase mathematics learning outcomes from the students at class VIII8 MTsN Andalan Pekanbaru in the second semester academic years 2015/2016 at Basic Competencies 5.3 Calculates the surface area and volume of the Beam, Cube, Prism and Pyramid.

How to Cite
Susda Heleni, Salmaini Safitri Syam, & Titi Solfitri. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII8 MTsN Andalan Pekanbaru. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.551