Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Berdasarkan Karakteristik Lerner dalam Menyelesaikan Soal Geometri

Description of Student Learning Difficulties Based on Lerner's Characteristic in Solving The Geometry Question

Authors
  • Nazom Murio Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Roseli Theis Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.545
Keywords: Kesulitan belajar karakteristik Lerner solusi dan masalah Geometri
Published 2019-06-30

Abstract

Geometri adalah bagian matematika yang sangat dekat dari siswa, karena hampir semua objek visual yang ada di sekitar siswa adalah objek geometri, tetapi tidak semua siswa menyukai pembelajaran yang menyertakan gambar, sehingga memungkinkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesulitan belajar siswa berdasarkan karakteristik Lerner dalam menyelesaikan pertanyaan geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dengan kepribadian wali yang mengalami kesulitan belajar di kelas IX A SMP N 30 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulis sendiri, lembar tes klasifikasi kepribadian, lembar tes kesulitan belajar, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kepribadian wali yang mengalami kesulitan belajar, 100% mengalami kelainan persepsi visual, di mana siswa mengalami kesulitan dalam menentukan seperti apa bangun datar pada masalah tersebut. 60% mengalami kesulitan mengenali dan memahami simbol, di mana siswa melihat simbol "//" sebagai simbol untuk kesesuaian. Serta 40% mengalami kesulitan dalam bahasa dan membaca, di mana siswa kesulitan dalam memahami pertanyaan yang diberikan.

 

Geometry is a very close mathematical part of the student, because almost all visual objects that exist around the students are objects of geometry, but not all students like learning that includes images, thus allowing students to have difficulty in learning geometry. The purpose of this research is to describe students' learning difficulties based on Lerner's characteristic in solving the geometry question. This type of research is descriptive qualitative research. Research subjects were students with guardian personality who had difficulty studying in class IX A SMP N 30 Muaro Jambi. Instruments used in this study are the authors themselves, personality classification test sheets, learning difficulties test sheets, and interview guidelines. The results showed students with guardian personality who experienced learning difficulties, 100% experienced visual perception abnormalities, where students have difficulty in determining what kind of flat wake on the matter. 60% have difficulty recognizing and understanding symbols, where students see the symbol "//" as a symbol for conformity. As well as 40% have difficulty in language and reading, where students difficulty in understanding the given question.

How to Cite
Nazom Murio, & Roseli Theis. (2019). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Berdasarkan Karakteristik Lerner dalam Menyelesaikan Soal Geometri. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.545