Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi

Analysis of Discovery Learning Model to Enhance Learning Outcome of Biology

Authors
  • Irdam Idrus Universitas Bengkulu
  • Sri Irawati Universitas Bengkulu
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Keywords: Discovery Learning Hasil Belajar Sains – Biologi
Published 2019-07-31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA-Biologi. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Penelitian dimulai dengan merumuskan masalah penelitian, kemudian dilanjutkan dengan mencari hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menjelajahi jurnal elektronik melalui Google Cendikia dan studi dokumentasi di perpustakaan. Dari pencarian itu diperoleh sumber data penelitian dari tiga tesis mahasiswa dan empat jurnal. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ternyata model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari terendah 4,57% menjadi tertinggi 39,23% dengan rata-rata 20,58%.



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA-Biologi. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Penelitian dimulai dengan merumuskan masalah penelitian, kemudian dilanjutkan dengan mencari hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menjelajahi jurnal elektronik melalui Google Cendikia dan studi dokumentasi di perpustakaan. Dari pencarian itu diperoleh sumber data penelitian dari tiga tesis mahasiswa dan empat jurnal. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ternyata model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari terendah 4,57% menjadi tertinggi 39,23% dengan rata-rata 20,58%.

 

How to Cite
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532