Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Sebagai Kajian Evaluasi

Analysis Reasoning Mathematics Ability Candidate Teacher Mathematic as An Evaluation Review

Authors
  • Hanifah Nurus Sopiany Universitas Singaperbangsa
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.526
Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis Evaluasi
Published 2019-06-30

Abstract

Penalaran matematis menggunakan pola pikir logis dalam menganalisa suatu masalah yang nanti pada akhirnya akan ditandai dengan aktivitas menyimpulkan atas masalah tersebut. Seseorang yang memiliki penalaran yang baik, tentunya akan berhati-hati dalam bertindak dan memutuskan sesuatu. Materi-materi pada kalkulus merupakan materi yang ada pada tingkat sekolah menengah yang nantinya menjadi lahan mengajar mahasiswa calon guru matematika S-1. Kemampuan penalaran yang dikaji mempengaruhi pembelajaran mahasiswa kedepannya karena berlaku pada matakuliah lanjut, contohnya pada kemampuan pembuktian akan selalu digunakan pada matakuliah persamaan diferensial, struktur aljabar, analisis  vektor, analisis real, dll. Sedangkan sebagai calon guru yang nantinya mengajar pada tingkat sekolah menengah, maka kemampuan penalaran ini menjadi salah satu capaian pembelajaran matematika bagi siswa sekolah menengah, maka oleh karena itu guru yang mengajarnya haruslah memiliki kemampuan penalaran yang baik. Analisis kesalahan sangat penting untuk melakukan evaluasi dan refleksi pada struktur soal maupun pada perlakuan dalam pembelajaran dalam upaya memperbaiki kemampuan penalarannya.

 

Mathematical reasoning uses a logical mindset in analyzing a problem that will eventually be marked by concluding activity on the problem. Someone who has good reason, will certainly be careful in acting and deciding something. The material content on the calculus is the material that exists at the secondary school level which will become the field of teaching the prospective master of math teacher bachelor. The reasoning ability studied influences student learning in the future as it applies to advanced courses, for example in the ability of proof will always be used in the course of differential equations, algebraic structure, vector analysis, real analysis, etc. While as a teacher candidate who will teach at the secondary school level, then this reasoning ability becomes one of the achievements of mathematics learning for high school students, therefore teachers who teach it must have good reasoning ability. Error analysis is very important to evaluate and reflect on the problem structure as well as on the treatment in learning in order to improve the reasoning ability.

How to Cite
Nurus Sopiany, H. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Sebagai Kajian Evaluasi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.526