Multipel Representasi Berbasis PTK untuk Meningkatkan Kemampuan Berikir Kritis Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh
Multiple PTK-Based Representations to Improve Students' Critical Thinking Abilities in SMP Negeri 2 Banda Aceh
Authors | ||
Issue | Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST) | |
Section | Articles | |
DOI: | https://doi.org/10.32734/st.v2i2.521 | |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran multipel representasi berpikir kritis | |
Published | 2019-06-30 |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki, karena dengan memiliki kemampuan berpikir kritis dapat membantu kita dalam berpikir secara rasional dalam mengatasi permasalahan yang tengah kita hadapi dan mencari serta mengembangkan alternatif pemecahan bagi permasalahan tersebut. Salah satu upaya untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis adalah melalui penerapan pendekatan multipel representasi yang menuntut siswa untuk memecahkan masalah sekaligus mengajukan masalah sehingga siswa benar-benar berperan sebagai seorang pemikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh pada materi gerak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji N-Gain kemampuan berpikir kritis diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,60 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan multipel representasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.
The critical thinking is very important to have, because by having the ability to think critically can help us in thinking logically in addressing the issue of who we are facing and find and develop an alternative solution for the problem. One of the efforts to equip students with the ability to think critically is through the implementation of the multiple representation of the demanding students to solve the problem and propose a problem so that students actually acts as a thinker critical.the purpose of this study to know the increased ability of the critical thinking on a student in middle school district 2 Banda Aceh on the matter of motion. The research is a research quantitive. The subject of research is a class VIII-6 of 23 people. The collection of data in the form of a written test. The analysis of data in the N-Gain and the percentage of. The results showed that the N-Gain the ability to think critically by the average N-Gain of 0,60 in the category. Based on this research can be concluded that the approach of multiple representation can enhance the ability of critical thinking on a middle school student.