Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Profil Tingkat Literasi Kelautan Mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Maritim Raja Ali Haji, Sebuah Studi Kasus Universitas Kemaritiman di Wilayah Kepulauan

Profile of the Level of Marine Literacy of Biology Education Students at Raja Ali Haji Maritime University, A Case Study of Maritime University in the Islands Region

Authors
  • Bony Irawan Universitas Maritim Raja Ali Haji
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i2.519
Keywords: kemaritiman sistem pendidikan guru biologi
Published 2019-06-30

Abstract

Pembangunan kemaritiman nasional yang sedang digalang di Indonesia harus didukung oleh sistem pendidikan yang menjalankan fungsinya dalam mendidik calon warga negara.Agar pembangunan kemaritiman itu berhasil, siswa harus dididik secara sistematis pada bangku sekolah untuk memiliki literasi kelautan yang baik.Selama ini pengetahuan tentang kelautan tidak menjadi fokus dan hanya mendapat porsi kecil pada kurikulum pendidikan nasional.Akibatnya siswa Indonesia tidak memiliki pengetahuan, sikap, dan persepsi yang positif terhadap laut. Guru memiliki peran sentral dalam pendidikan di sekolah. Kedepannya diperlukan guru biologi yang memiliki literasi kelautan yang baik agar dapat mendidik dan meningkatkan literasi siswa di sekolah. Implementasi prinsip dan konsep literasi kelautan didalam mata kuliah biologi laut diharapkan dapat meningkatkan tingkat literasi mahasiswa calon guru yang pada gilirannya akan memberi multiplier effect pada pendidikan siswa disekolah nanti. UMRAH sebagai penyelenggara pendidikan tenaga pendidik yang memiliki visi dan kekhasan dibidang kemaritiman seharusnya mampu membekali mahasiswa calon guru dengan literasi kelautan yang baik.Dalam penelitian ini diungkap tingkat literasi kelautan mahasiswa pendidikan biologi UMRAH sebelum dan sesudah mengikuti mata kuliah biologi laut.Penelitian ini diharapkan memberikan gambaran peran mata kuliah biologi laut dalam membentuk literasi kelautan mahasiswa.Data diperoleh dengan cara mengukur tingkat literasi kelautan mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti mata kuliah biologi laut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa raw input mahasiswa memiliki tingkat literasi kelautan yang rendah, meskipun mayoritas mahasiswa berasal dari pulau-pulau kecil di Kepulauan Riau.Setelah mengikuti perkuliahan biologi laut, mahasiswa mengalami peningkatan literasi kelaut.Keberhasilan ini diidentifikasi disumbangkan oleh factor desain perkuliahan yang kontekstual dan praktikal.Dapat disimpulkan bahwa mata kuliah biologi laut mampu berperan dalam membantu pencapaian visi dan misi universitas dan jurusan dalam membekali mahasiswa dengan tingkat literasi kelautan yang baik.

 

Indonesia’s bid to become powerful maritime nation must be supported by a synchronized education system. However, the Kurikulum 2013 in effect today does not dictates a standalone marine or maritime subject to be taught at school. Thus, the ever so important ocean literacy must be taught through other relevant subject, i.e. biology. This task requires a highly competent biology teachers with masterful ocean literacy. At Maritime University of Raja Ali Haji Biology Education department, pre-service teacher is educated through several courses to enhance their ocean literacy. This study aimed to describe the efficacy of Marine Biology course in boosting the student’s ocean literacy. Data were obtained by measuring student’s ocean literacy level before and after taking the course. The result shows that student has very low initial ocean literacy level, which implied that Indonesian secondary education alumna doesn’t possess enough literacy to contribute positively in archipelagical maritime country. After taking the marine biology course, the students shows significant increase in their ocean literacy level. High efficacy of this course could be attributed to the course design which primarily aimed to familiarize students with the ocean environment knowledge and affection-wise, and engaging them in ocean conservation effort through mangrove planting. Several improvement suggestions are proposed.

How to Cite
Irawan, B. (2019). Profil Tingkat Literasi Kelautan Mahasiswa Pendidikan Biologi di Universitas Maritim Raja Ali Haji, Sebuah Studi Kasus Universitas Kemaritiman di Wilayah Kepulauan. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.519