Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Powerpoint Materi Stoikiometri Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa

Implementation of Problem Based Learning Model Using Powerpoint on Stoichiometry lessons to Improve Student Learning Outcomes

Authors
  • Frensi Hasanah Universitas Negeri Medan
  • Mahmud Mahmud Universitas Negeri Medan
  • Risky Hikmi Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 2 No 1 (2019): Talenta Conference Series: Science and Technology (ST)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/st.v2i1.358
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Stoikiometeri Powerpoint
Published 2019-02-13

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui hasil belajar kimia pada siswa yng dibelajrkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media powerpoint lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan konvensional pada materi Stoikiometri. Dalam penelitian ini populasinya yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA NEGERI 1 STABAT semester genap, tahun ajaran 2014/2015 sebanyak ±250 orang siswa, yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas diambil secara purposive. Penelitian ini merupakan jenis eksperimental. Dari analisis data perhitungan diperoleh dari penelitian yang telah dilaksanakan, mengalami peningkatan hasil belajar kimia pada siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media powerpoint dengan hasil yang  lebih tinggi yaitu 83%, sedangkan pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional yaitu, 69%. Maka hasil pebedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 14%.

 

The purpose of this study is to find out the chemistry learning outcomes of students who are learning by applying a problem-based learning model using higher powerpoint media than students who are taught using conventional Stoichiometry lessons. This study employed experimental research that takes data from all students of class X MIA SMAN 1 STABAT in the even semester, 2014/2015 academic year as the population. There were about 250 students that consisted of 6 classes. While the samples in this study were two classes taken purposively. From the data analysis, it is known that there is an increase in student learning outcomes in chemistry subjects taught by applying a problem-based learning model using powerpoint with higher results of 83%, compared to students taught with conventional learning that is only 69%. Then the results of the improvement in student learning outcomes in the experimental class with the control class are 14%.

How to Cite
Hasanah, F., Mahmud, M., & Hikmi, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Powerpoint Materi Stoikiometri Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1), 279-283. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.358