Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Analisis Aspek Gramatikal dalam Cerita Anak Loly Takut Bertanya Karya Rudi Cahyono

Authors
  • Latifah Yusri Nasution Fakultas Ilmu Budaya USU, Jalan Universitas No 19 Padang Bulan, 20155, Medan, Indonesia
  • Suci Audina Sihotang Fakultas Ilmu Budaya USU, Jalan Universitas No 19 Padang Bulan, 20155, Medan, Indonesia
  • T.Silvana Sinar Fakultas Ilmu Budaya USU, Jalan Universitas No 19 Padang Bulan, 20155, Medan, Indonesia
  • Nurlela Fakultas Ilmu Budaya USU, Jalan Universitas No 19 Padang Bulan, 20155, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 3 (2020): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i2.888
Keywords: Aspek Gramatikal Cerita Anak
Published 2020-10-15

Abstract

Dalam cerita anak terkandung nilai-nilai yang mampu membangun karakter anak. Nilai ini dapat dimengerti oleh anak dengan penggunaan bahasa yang sederhana. Aspek gramatikal dideskripsikan untuk melihat tata bahasa yang digunakan dalam cerita anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah cerita anak Loly Takut Bertanya karya Rudi Cahyono. Data berupa aspek gramatikal dalam cerita anak. Penelitian ini menggunakan teori Halliday dan Hasan tentang analisis kohesi dalam wacana dari aspek gramatikal, yaitu referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam cerita anak Loly Takut Bertanya keempat aspek gramatikal sesuai teori yang digunakan ditemukan dalam cerita tersebut, dan di antara keempat aspek tersebut peggunaan referensi lebih dominan. Penggunaan keempat aspek gramatikal tersebut dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Hal ini karena pengarang menyesuaikan penggunaan bahasa dengan kemampuan anak dalam menganalisis klausa. Anak-anak dalam kehidupan sehari-hari menggunakan klausa sederhana ketika berkomunikasi.

In children's stories contained values ​​that are able to build children's character. This value can be understood by children with the use of simple language. Grammatical aspects are described to see the grammar used in children's stories. This research is a qualitative descriptive study. The source of the research data is the children’s stories of Loly Takut Bertanya by Rudi Cahyono. Data in the form of grammatical aspects in children's stories. This study uses Halliday and Hasan's theory of cohesion analysis in discourse from grammatical aspects, namely reference, substitution, ellipsis, and conjunction. The results of this study indicate that in children's stories of Loly Takut Bertanya all four grammatical aspects according to the theory used are found in the story, and among these four aspects the use of references is more dominant. The use of the four grammatical aspects in language that is simple and easily understood by children. This is because the author adjusts language use to the child's ability to analyze clauses. Children in everyday life use simple clauses when communicating.