Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Penggunaan Bahasa Informal Pada Konten Video Mak Beti Dalam Pengaruh Menarik Minat Berlangganan di Channel Youtube Arif Muhammad

Correlation Between the Use of Informal Language on Mak Beti Video Content and Gain Interest in Subscribing to Arif Muhammad's youtube channel

Authors
  • Corry Novrica AP Sinaga Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Firda Nuzulia Nasution Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Issue       Vol 3 No 1 (2020): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.814
Keywords: Bahasa Informal Channel Youtube Minat Subscribe
Published 2020-02-29

Abstract

Channel youtube Arif Muhammad, menjadi salah satu konten kreator yang diminati khalayak. Dilihat dari jumlah penontonnya mencapai puluhan juta, jumlah pelanggan yang lebih dari 2 juta dan juga video-video yang di uplod olehnya selalu menjadi trending di youtube Indonesia. Bahasa Informal atau bahasa tidak resmi banyak digunakan Arif Muhammad didalam rangkaian konten video Mak Beti di channel youtube. Penelitian ini dilakukan melalui survey secara online dengan google form sebagai media pengisian kuisioner. Kemudian melakukan penyebaran link google form kepada subscriber pada channel youtube Arif Muhammad. Tujuan penelitian ini adalah untuk Pengaruh Penggunaa Bahasa Informal pada Konten Video Mak Beti dalam Menarik Minat Berlangganan di Channel Youtube Arif Muhammad. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey kuantitatif dengan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dengan tekhnik data tabel silang lalu diuji dengan korelasi product moment pearson. Melihat perbandingan Rxy hitung sebesar 0,333 dan r tabel dengan N = 100 sebesar 0,197 menunjukkan bahwa rXY hitung 0,333 > r tabel 0,197. Maka Ha diterima Ho ditolak. Berdasarkan dari hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh hubungan variable X (penggunaan bahasa informal pada konten video Mak Beti) terhadap variable Y (minat berlangganan di channel youtube Arif Muhammad).