Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pemilihan Bahasa pada Remaja Etnis Tionghoa di Medan: Kajian Sosiolinguistik

Language Selection for Chinese Ethnic Youth Community in Medan: Sociolinguistic Studies

Authors
  • Vivi Adryani Nasution Program Studi Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Niza Ayuningtias Program Studi Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Intan Erwani Program Studi Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 2 No 2 (2019): TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.726
Keywords: Pemilihan Bahasa Remaja Tionghoa Medan Sosiolinguistik
Published 2019-12-19

Abstract

Pemilihan ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud pemilihan bahasa dan faktor dominan pemilihan bahasa pada remaja etnis Tionghoa di Medan dalam hubungan interetnik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat Tionghoa yang multietnis dan multibahasa. Teori sosiolinguistik dan konsep ranah digunakan sebagai landasan penelitian ini. Ranah penelitan difokuskan pada ranah pendidikan. Metode penelitian menggunakan metode penelitan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode Sudaryanto. Dan perhitungan data menggunakan rumus Bungin. Responden penelitian berjumlah 70 responden. Hasil penelitian menunjukan wujud pemilihan bahasa ranah pendidikan pada remaja Tionghoa di Medan didominasi oleh bahasa Hokkian dan faktor pemilihan bahasa dominan adalah kesamaan latar belakang budaya partisipan.

 

This research aims to describe the form of language choice and the dominant factor in language choice among Chinese youth in Medan in interethnic relations. This research is motivated by a multiethnic and multilingual Chinese community. Sociolinguistic theory and the concept of the domain were used as the foundation of this research. The research domain is focused on education domain. The research method used descriptive qualitative research methods. The data collection method used the Sudaryanto method. And data calculation using the Bungin formula. Research respondents numbered 70 respondents. The results showed the form of language choice in Chinese teenagers in Medan was dominated by Hokkien language and the dominant language choice factor was the cultural background similaritiy of the participants.