Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Analisis Tindak Tutur Langsung Tidak Literal Guru Terhadap Siswa Yang Berkebutuhan Khusus dalam Proses Belajar Mengajar Di Slb-Ab Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh

Analysis of Teacher's Non-Literal Direct Speech Acts Against Students with Special Needs in the Teaching and Learning Process at Slb-Ab Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh

Authors
  • Sri wahyuni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abulyatama, Aceh Besar, Indonesia
  • Hijratul Aini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abulyatama, Aceh Besar, Indonesia
  • Widika Agnesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abulyatama, Aceh Besar, Indonesia
Issue       Vol 2 No 2 (2019): TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.725
Keywords: Tindak Tutur Tindak Tutur Langsung Guru Siswa yang Berkebutuhan Khusus
Published 2019-12-19

Abstract

Kajian ini menganalisis  tindak tutur guru dalam proses belajar mengajar pada siswa yang berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa. Guru berperan penting dalam  melakukan tindak tutur di sekolah, hal ini disebabkan karena sering terdengarnya keluhan guru terhadap kurangnya respons siswa berkebutuhan khusus  dalam pembelajaran. Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui jenis tindak tutur yang digunakan  guru di sekolah luar biasa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk  tindak tutur langsung guru terhadap siswa yang berkebutuhan khusus dalam  proses belajar mengajar di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Data penelitian ini adalah tindak tutur  langsung guru terhadap siswa yang berkebutuhan  khusus dalam  proses belajar mengajar di SLB-AB Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Data dikumpulkan dengan metode kualitatif dengan teknik rekam, catat, dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan  tindak tutur langsung  tidak literal guru  terhadap siswa yang berkebutuhan khusus dalam  proses belajar mengajar terdiri  atas tindak tutur direktif dengan berbagai modus, di antaranya (1) modus memerintah, (2) modus bertanya, (3) modus memuji, dan (4) modus menasihati secara langsung. Hasil penelitian ini akan disubmit artikel jurnal nasional terakreditasi dan prosiding seminar nasional.

 

This study analize teacher's speech act in the process learning to the student's with special needs at the extraordinari school. The teacher has important role in the speeching acts at school, this is caused by frequent teacher's complaints lack of response student's with special needs in the learning. Researcher doing this research to know the type of speech act that used by the teacher at extraordinary school. the purpose of this study to describe the shape of teacher's direct speech to the student's with special needs in the learning at SLB-AB Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. This research is teacher's direct speech to the student's with special needs in the process learning at SLB-AB Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Data is collected qualitative methods with recording techniques, notes, and interviews. the result of this research concluded the teacher's non literal direct speech act to the student's with special needs in the process learning consist of dirictive speech acts with various modes including (1) rule mode (2) ask mode (3) praise mode (4) direct advising mode. the result of this research will be submitted to accredited national journal articles and national seminar procesdings.