Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Kesalahan-Kesalahan yang Dilakukan oleh Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Bahasa Indonesia di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI)

The Errors caused by the Final Semester Students of the Indonesian Language Studies Program at Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) in Scientific Writing

Authors
  • Mina Syanti Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Indonesia
  • Anni Rahimah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Indonesia
  • Ilham Sahdi Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Indonesia
Issue       Vol 2 No 2 (2019): TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.717
Keywords: kemampuan menulis ilmu bahasa karya tulis ilmiah (kti) tahapan penulisan kti kesalahan penulisan kti
Published 2019-12-19

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi masalah yang membatasi penggunaan sampel populasi data hanya pada mahasiswa yang mengampuh mata kuliah bahasa Indonesia di Program Studi Bahasa Indonesia IPTS. Dengan adanya beberapa identifikasi masalah, maka peneliti terfokus pada masalah yang diteliti, yaitu tentang kesalahan- kesalahan apa sajakah yang dilakukan oleh mahasiswa yang mengampuh mata kuliah bahasa Indonesia di Program Studi Bahasa Indonesia IPTS dalam penulisan KTI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan penulisan KTI yang dilakukan mahasiswa yang mengampuh mata kuliah bahasa Indonesia di Program Studi Bahasa Indonesia IPTS. Secara teoretis penelitian ini bermanfaat sebagai tuntunan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada saat penulisan KTI untuk mahasiswa khususnya dalam mata kuliah bahasa Indonesia di Program Studi Bahasa Indonesia IPTS. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan beberapa kesalahan dalam penulisan KTI diantaranya adalah Kesalahan dalam menyusun struktur penulisan karya tulis ilmiah, Penulisan bagian abstrak, Isi terlalu panjang dengan pendahuluan yang berlebihan, Kesalahan dalam cara mengutip pendapat orang lain sehingga berkesan menjiplak (plagiat), Penggunaan bahasa Indonesia yang belum baik dan benar (penggunaan spasi pada penulisan tanda baca dan penulisan imbuhan di-, ke-, kata di), Tidak konsisten dalam format tampilan (font yang berubah-ubah, margin yang berubah-ubah), Penulisan kata berbahasa asing.

 

This study discusses the problem that discusses the use of data samples only for students who apply Indonesian language courses in the Indonesian Language Studies Program at IPTS. By presenting several problems, this study focuses on the issues discussed, namely what the problems are made by students who apply Indonesian Language courses in the IPTS Indonesian Language Study Program in accessing scientific writing. The purpose of this study is to correct the mistakes made by scientific writing by students who apply Indonesian language courses in the Indonesian Language Studies Program at IPTS. Theoretically, this study is useful to solve mistakes that often occur when discussing scientific writing for students specialized in Indonesian language courses in the Indonesian Language Studies Program at IPTS. The findings in this study indicate that several errors in the scientific writing discussion were published: the errors in the composition of scientific papers, writing abstract sections, content too long with excessive introduction, the errors in how to quote other people's opinions can be plagiarized (plagiarism), the use of Indonesian that is not good and right (use spaces in punctuation changes and additions in, words, di), inconsistent in display format (fonts change, margins change), writing foreign pronouns.