Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Faktor Penyebab Terjadinya Interferensi Sintaksis Bahasa Angkola dalam Bahasa Indonesia Tulis pada Peserta Didik di Tk Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan

Causal Factors in the Syntactic Interference of Bahasa Angkola towards Indonesian Writing to the Students’ in Tk Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan

Authors
  • Anni Rahimah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Indonesia
  • Mina Syanti Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Indonesia
  • Ilham Sahdi Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Indonesia
Issue       Vol 2 No 2 (2019): TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.714
Keywords: Bahasa Interferensi Sintaksis Faktor Penyebab Peserta Didik
Published 2019-12-19

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor penyebab terjadinya interferensi sintaksis Bahasa Angkola dalam Bahasa Indonesia Tulis pada peserta didik di Tk Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya interferensi sintaksis Bahasa Angkola dalam Bahasa Indonesia Tulis pada peserta didik di Tk Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini maka ditemukan dua faktor penyebab terjadinya interferensi bahasa yaitu faktor kebahasaan dan faktor non-kebahasaan. Hal tersebut terjadi karena pengaruh bahasa yang lebih dulu dikuasainya, ketidak pahaman peserta didik sebagai pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakainya, pengajaran bahasa yang kurang sempurna atau kurang tepat dan pengaruh lingkungan sekitar yang memakai dwi bahasa maka berpengaruh kepada interferensi pemakainya.

 

This research discusses the causal factors in the syntactic interference of Bahasa Angkola towards Indonesian Writing to the students’ in TK Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan. The purpose of this research is to find out the causal factors in the syntactic interference of Bahasa Angkola towards Indonesian Writing to the students’ in TK Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan. The location of this research was carried out in TK Aisyah Bustanul Athfal 3 Padangsidimpuan. This research uses a qualitative research methods. Based on the results of data analysis in this research, two factors were found to cause language interference, namely linguistic factors and non-linguistic factors. This happens because of the influence of the language that was mastered first, the understanding of students as users of language towards the language they use, imperfect language teaching or inaccurate and the influence of the surrounding environment using the bilingual language will affect the wearer's interference.