Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa

Effects of Using Electronic Money Against Student Consumption Level

Authors
  • Salwa Universitas Sumatera Utara
  • Wahyu Sugeng Imam Soeparno Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 6 No 1 (2023): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v6i1.1722
Keywords: Uang Elektronik Pengetahuan Produk Kemudahan Transaksi Jumlah Transaksi Electronic Money Product Knowledge Ease of Transactions Number of Transactions
Published 2023-01-15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh uang elektronik terhadap tingkat konsumsi mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif, tabulasi silang (crosstabs), uji validitas dan reabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan uang elektronik terhadap tingkat konsumsi mahasiswa dipengaruhi oleh pengetahuan mahasiswa akan produk uang elektronik, kemudahan transaksi yang diperoleh dari penggunaan uang elektronik dan jumlah uang elektronik yang digunakan oleh mahasiswa untuk membelanjakan kebutuhan konsumsinya.

 

This study aims to determine the effect of electronic money on student consumption levels. This research includes the type of qualitative descriptive research. Sampling was carried out using purposive sampling technique. The sample in this study was 100 people. The analysis technique used was descriptive analysis, cross tabulation, validity and reliability testing. The results showed that the use of electronic money on student consumption levels was influenced by students' knowledge of electronic money products, the ease of transactions obtained from using electronic money and the amount of money electronics used by students to spend their consumption needs.