Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Gambaran Perilaku Membeli Produk Pakaian Online di Kalangan Remaja

An Overview of Buying Behavior of Online Clothing Products among Teenagers

Authors
  • Lasma Yulianti N Universitas Sumatera Utara
  • Sherry Hadiyani Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 1 No 1 (2018): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v1i1.170
Keywords: Perilaku membeli Pakaian Online Remaja
Published 2018-10-17

Abstract

Perilaku membeli merupakan kegiatan dalam mendapatkan atau menggunakan barang atau jasa baik secara langsung maupun tidak langsung yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan.Perkembangan teknologi informasi disertai mudahnya mengakses internet menyebabkan para produsen melakukan pemasaran produknya melalui internet sebagaimana disebut dengan ecommerce.Kemudahan akses dan banyaknya pilihan semakin mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk secara online. Hasil riset Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII)menunjukkan bahwa remaja adalah mayoritas pengguna internet di Indonesia dengan berbagai macam kegiatan yang bisa mereka lakukan salah satunya adalah berbelanja online.Remaja yang berada pada tahap imagery audience ingin selalu diperhatikan oleh lingkungan sekitarnya sehingga mereka membutuhkan atribut-atribut agar dapat diakui oleh lingkungan, salah satunya adalah pakaian. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada perilaku membeli produk pakaian onlinedi kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan teknik statistik dekriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Santo Thomas 1 Medan berjumlah 290 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala perilaku membeli yang disusun berdasarkan aspek perilaku membeli yang dikemukakan oleh Kotler (2008). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran perilaku membeli produk pakaian online subjek berada pada kategori sedang.

 

Buying behavior is an activity in obtaining or using goods or services either directly or indirectly that aims to fulfill the needs. The development of information technology along with easy access to the internet causes producers to market their products through the internet as e-commerce. The easy access and varied choices encourage consumers to purchase products online. The results of research by the Indonesian Internet Service Providers Association (APJII) showed that teenagers were the majority of internet users in Indonesia with various kinds of activities that could be done; one of which was shopping online. The teenagers who were in the step of imagery audience bound to be noticed by their surroundings. Therefore, they needed attributes to be recognized by the environment, one of which was clothing. Therefore, this study focused on the behavior of buying online clothing products among teenagers. This study used descriptive statistical techniques. The subjects of this study were students of Santo Thomas 1 Medan High School consisted of 290 people. The measuring instrument used was the buying behavior scale compiled based on the aspects of buying behavior proposed by Kotler (2008). The results of this study indicated that the description of the behavior of buying clothing products online was in the medium category.