Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Strategi Komunikasi Pariwisata berbasis Masyarakat Lokal (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pariwisata oleh Masyarakat Karo Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat)

Local Community-based Tourism Communication Strategy (Qualitative Descriptive Study of Tourism Communication Strategy by Karo Community in Rumah Galuh Village, Sei Bingai District, Langkat District)

Authors
  • Mazdalifah Mazdalifah Universitas Sumatera Utara
  • Rusmi Charyani Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 1 No 1 (2018): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v1i1.145
Keywords: Strategi Komunikasi Pariwisata Masyarakat
Published 2018-10-17

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan masyarakat di Desa Rumah Galuh Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat dalam mengelola pariwisata berbasis masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi dan teori pariwisata berbasis masyarakat. Metode penelitian yang dipilih untuk menggali informasi di lapangan adalah metode wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian adalah masyarakat yang menjadi pengelola wisata Desa Rumah Galuh yang berjumlah empat orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan pariwisata masyarakat menggunakan strategi partisipatori, strategi media dan strategi mulut-ke-mulut

 

This study aimed to find out the communication strategies carried out by the community in Rumah Galuh Village, Sei Bingai District, Langkat District in managing community-based tourism. The theory used in this research was communication strategy theory and community-based tourism theory. The research method chosen to explore information in the field was the method of in-depth interviews and observations. The research subjects were the four people managing the Rumah Galuh Village. The results of the study indicated that in the management of tourism the community used participatory strategies, media strategies and mouth-to-mouth strategies.