Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Upaya Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi pada Anak

Authors
  • Nur’aini Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Ikhlas Bonar Hidayatullah Rumahorbo Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Muhammad Rasyid Ridlo Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
Issue       Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1363
Keywords: Literasi Literasi Anak Meningkatkan literasi
Published 2022-02-14

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya orang tua dalam meningkatkan literasi pada anak. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data adalah dengan membaca, mencatat dan mengolah isi buku, jurnal dan sumber terpercaya lainnya menjadi hasil artikel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya orang tua untuk meningkatkan literasi pada anak dapat dilakukan dengan cara menunjukkan figur teladan kepada anak untuk menyukai bahan bacaan, mengajak anak berkunjung ke perpustakaan, memberikan buku sebagai hadiah, kontrol orang tua (pengawasan) terhadap bahan bacaan anak. dan literasi di lingkungan rumah. Usia dini merupakan masa yang baik bagi orang tua untuk mengembangkan kemampuan literasi dini pada anak, karena selama ini anak lebih peka terhadap segala rangsangan.