Nilai-Nilai Kearifan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung
Authors | ||
Issue | Vol 5 No 2 (2022): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2022 Talenta Conference Series This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1350 | |
Keywords: | Bahasa Arab Nilai-nilai Kearifan Pembelajaran Arabic Values of Wisdom Learning | |
Published | 2022-02-14 |
Abstract
Fenomena yang melatarbelakangi penulis untuk mengambil penelitian ini karena selama ini pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan oleh guru bahasa Arab di tingkat madrasah ibtidaiyah cenderung menggunakan contoh-contoh kosa-kata yang belum mengarah pada pembentukan karakter positif anak dari nilai-nilai kearifan pembelajaran bahasa Arab, sehingga penulis mencoba menggali tentang fakta-fakta yang terkait dengan proses pembelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung. Sebagai wujud dari penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab, dengan merumuskan satu rumusan masalah yaitu; bagaimana guru bahasa Arab mengimplementasikan nilai-nilai kearifan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung. Subyek penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung yang mengikuti mata pelajaran bahasa arab. Pembahasan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penanaman nilai-nilai karakter pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung ini dilaksanakan dengan berbagai macam cara, baik dari kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Adapun kegiatan intrakurikuler yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran seperti dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), sedangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler dilakukan diluar jam pelajaran dan implementasi pendidikan karakter melalui orientasi pembelajaran bahasa Arab di sekolah yang dilakukan guru lebih ditekankan pada keteladanan, pembiasaan serta mengembangkan perilaku peserta didik yang mencerminkan sikap percaya diri (Confidence), mandiri (Independent), komunikatif (Communicative), kreatif (Creative), tanggung jawab (Responsible), rasa ingin tahu (Curiosty), dan gemar membaca.
The phenomenon that motivated the author to take this research is because so far Arabic language learning taught by Arabic teachers at the Ibtidaiyah Madrasah level tends to use examples of vocabulary that have not yet led to the formation of a positive character for children from the wisdom values of Arabic learning. The author tries to explore the facts related to the learning process in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung. As a manifestation of the cultivation of character values in learning Arabic, by formulating a problem formulation, namely; how the Arabic teacher implements the values of wisdom in learning Arabic at Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung. The subject of this research is Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung which takes Arabic subjects. The discussion in this research is qualitative. The data collection methods used in this study are the methods of observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of the cultivation of character values in learning Arabic at Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung is carried out in various ways, both from intracurricular and extracurricular activities. The intracurricular activities that are integrated into subjects such as teaching and learning activities. Meanwhile in extracurricular activities that carried out outside of class hours and the implementation of character education through the orientation of learning Arabic in schools by teachers is more emphasized on exemplary, habituation and developing student behavior that reflects an attitude of confidence, independent, communicative, creative, responsibility, curiosity, and likes to reading.