Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Analisis Kesalahan Morfologis Dalam Buku Latihan Siswa Sekolah Dasar Nasional Gultom Medan

Analysis of Morphological Errors in the Gultom Medan National Elementary School Student Exercise Book

Authors
  • Desy Agustina Silalahi Program Studi Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan 20155, Indonesia
  • Irma Yuli Aritonang Program Studi Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan 20155, Indonesia
  • Khairina Nasution Program Studi Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, Medan 20155, Indonesia
Issue       Vol 5 No 1 (2022): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i1.1319
Keywords: Analisis Kesalahan Morfologis Buku Latihan Error Analysis Morphological Exercise Book
Published 2022-01-31

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang kajian morfologi yang membahas tentang kesalahan berbahasa Indonesia secara morfologis dalam buku latihan siswa kelas V SD Nasional Gultom Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan morfologis yang terjadi pada buku latihan kelas V SD Nasional Gultom Medan, sehingga dapat ditarik kesimpulan untuk menanggulangi agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi. Analisis kesalahan adalah suatu teknik untuk mengindentifikasikan, mengklasifikasikan, dan menginterprestasikan secara sistematis kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa yang sedang belajar dengan menggunakan teori-teori dan prosedur berdasarkan linguistik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan teknik catat, data yang terkumpul berupa kesalahan morfologi dengan sumber data dari buku latihan kelas V serta bukti dokumentasi tentang kesalahan yang didapatkan dalam buku latihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan data yang bersumber dari dokumen. Dalam menghadapi beragam dokumen tertulis sebagai sumber data, peneliti harus bersikap kritis dan teliti. Serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunaan analisis kesalahan berbahasa menurut Tarigan yaitu: Mengumpulkan data, mengindentifikasi kesalahan, memperingkat kesalahan, menjelaskan keadaan, dan mengoreksi kesalahan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni buku latihan siswa kelas V dan alat dokumentasi berupa camera telepon seluler oppo tipe A1603. Sumber data didapatkan dari buku latihan siswa kelas V SD Nasional Gultom Medan Jalan Pelita IV No. 90 Medan Perjuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan berbahasa Indonesia dalam buku latihan siswa kelas V SD Nasional Gultom. Hasil penelitian ini terdiri atas kesalahan penggunaan afiks yang tidak tepat, penghilangan afiks dan penyingkatan morf.

 

This research is related to a morphological study that discusses morphological Indonesian language errors in the fifth grade students' exercise book at SD Nasional Gultom Medan. This study aims to describe the morphological errors that occur in the fifth grade exercise book at SD Nasional Gultom Medan, so that conclusions can be drawn to overcome so that these errors do not occur again. Error analysis is a technique for systematically identifying, classifying, and interpreting errors made by students who are learning by using theories and procedures based on linguistics. This study uses a qualitative descriptive method, namely the note-taking technique, the data collected in the form of morphological errors with data sources from the fifth grade exercise book and documentary evidence of errors obtained in the exercise book. Data collection techniques used using document analysis techniques. This technique is carried out with the aim of collecting data from documents. In dealing with various written documents as data sources, researchers must be critical and careful. As well as data analysis techniques in this study using language error analysis according to Tarigan, namely: Collecting data, identifying errors, rating errors, explaining the situation, and correcting errors. The research instrument used in this study was a class V student exercise book and a documentation tool in the form of an Oppo A1603 type cell phone camera. The source of the data was obtained from the fifth grade student exercise book at SD Nasional Gultom Medan Jalan Pelita IV No. 90 Field of Struggle. The results of this study indicate that there are errors in Indonesian in the fifth grade students' exercise book at Gultom National Elementary School. The results of this study consisted of incorrect use of affixes, affix removal and morphing abbreviations.