Rekayasa Pembelajaran Bahasa Indonesia di Jurusan Non-BI berdasarkan Pendekatan Pragmatik
Authors | ||
Issue | Vol 5 No 1 (2022): Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2022 Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social and Arts (LWSA) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i1.1311 | |
Keywords: | Pendekatan pragmatik Pembelajaran Bahasa Indonesia Integrasi Pembelajaran Bahasa Indonesia | |
Published | 2022-01-31 |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesi (PBI) berdasarkan pendekatan linguistik menghasilkan kompetensi gramatikal yang baik, tetapi tidak menjamin tingkat kompetensi pragmatik yang baik pula. Begitu juga, PBI berbasis teks jika tujuan akhirnya hanya berhenti pada bahasa akademik, hasilnya tidak akan dapat membekali mahasiswa memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang ilmunya. Lulusan PT akan gagap memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, PBI di PT jurusan non-BI harus memberikan ruang gerak yang lebih leluasa dengan berbasis pendekatan pragmatik agar mereka menguasai BI untuk kepentingan komunikasi sesuai dengan bidang ilmunya agar setelah lulus tidak gagap memasuki dunia kerja. Bahasa baku tidak berarti sebagai bahasa “beku” (frozen language). Aspek pragmatik harus diintegrasikan dalam PBI, meskipun tidak perlu seluruhnya. Yang penting agar mahasiswa setelah lulus dan memasuki dunia kerja dapat ber-BI dengan memenuhi standar kompetensi pragmatiknya.