Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pemanfaatan Teknologi Dalam Digital Marketing Melalui Pelatihan Dan Inkubasi Bisnis Untuk Mahasiswa Bidikmisi

Authors
  • Epon Nur’aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Oyon Haki Pranata Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Kania Fitri Febriyanti Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Widani Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Muhammad Ramdan Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
Issue       Vol 4 No 1 (2021): Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat 2020
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/lwsa.v4i1.1158
Keywords: Bidikmisi digital marketing duo helix inkubasi bisnis teknologi
Published 2021-04-01

Abstract

Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar untuk mengembangkan perekonomian melalui kewirausahaan berbasis digital (digitalpreneurship). Namun pada prakteknya, UMKM yang sudah menggunakan Digital Marketing Strategy (DMS) dalam menjalankan usaha masih sangat sedikit karena minimnya kemampuan dan pengetahuan pelaku usaha. Padahal, digital marketing berdampak besar bagi keunggulan bersaing UMKM dalam memasarkan produk melalui platform digital. Solusi yang dapat diupayakan yaitu dengan menyiapkan ahli-ahli digital marketer melalui pengembangan dan pemberdayaan potensi masyarakat, termasuk mahasiswa Bidikmisi. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu program pelatihan digital marketing dasar dan inkubasi bisnis intensif untuk mahasiswa Bidikmisi dengan menggunakan model Duo Helix. Program yang melibatkan dosen, mahasiswa dan pelaku usaha UMKM dilaksanakan dengan tahapan: pelatihan dan inkubasi bisnis; studi kasus dan roll out pasar. Setelah mengikuti program ini, mahasiswa Bidikmisi memiliki bekal untuk menjadi orang yang ahli dalam digital preneurship dasar. Luaran yang sudah tercapai yaitu: 1) pelaksanaan program melalui model Duo Helix; dan 2) pembuatan akun-akun e-commerce UMKM mitra. Selain mencapai luaran tersebut, program ini mendapat respon yang positif dari mahasiswa Bidikmisi.