Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Peramalan Produk Ragum Dengan Metode Causal dan Time Series

Authors
  • Arrijal Hrp Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Chalisa Humaira Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Fauzan Azman Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Gebriella Siagian Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Diah Sri Kemala B Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.996
Keywords: Peramalan Causal Time Series Kuantitatif
Published 2020-11-30

Abstract

Kegiatan memprediksi apa yang akan terjadi di kemudian hari dengan waktu yang biasanya sangat lama  disebut peramalan atau forecasting. Pengertian lain dari peramalan (forecasting) adalah suatu metode analisis perhitungan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ataupun kuantitatif untuk memperkirakan peristiwa pada masa yang akan datang dengan menggunakan referensi data-data sebelumnya. Peramalan memiliki tujuan untuk memperkirakan pengaruh keadaan dan prospek ekonomi dan aktivitas usaha dan. Bagi perusahaan disaat mengambil keputusan manajemen hal yang paling penting adalah Peramalan (forecasting). Peramalan sendiri dibagi menjadi 3 yaitu peramalan jangka panjang, menengah dan pendek. Peramalan dengan satuan angka dan kuantitatif disarankan agar bisa meminimalisir tingkat error tersebut. Rancangan-rancangan bisnis seperti jenis suatu alat/produk dan jumlah barang/unit yang akan diproduksi, pasar mana yang paling kuat, berapa banyak tenaga kerja yang harus dicari, berapa banyak modal yang dibutuhkan dan berapa banyak bahan baku yang harus di beli pada umumnya direncanakan berdasarkan Forecast atau Peramalan yang ditentukan oleh Manajemen. Peramalan yang jelek akan menghasilkan keputusan bisnis yang salah dan membuat perusahaan tidak siap untuk memenuhi permintaan pelanggan dan memenuhi tuntutan masa depan sehingga akan sangat membahayakan perusahaan itu sendiri. Forecasting adalah suatu peristiwa penting yang dapat mencakup banyak bidang yaitu bisnis dan industri, pemerintah, ekonomi, ilmu lingkungan, medis, sosial, politik, dan keuangan. Peramalan dapat dikategorikan berdasarkan sifat yaitu metode peramalan kualitatif dan peramalan kuantitaif. Peramalan yang disusun selalu diusahakan agar dapat meminimalisirkan pengaruh ketidakpastian terhadap perusahaan, peramalan bertujuan mendapatkan peramalan (forecast) yang bisa meminimalisir kesalahan dalam peramalan (forecast error) yang biasanya diukur dengan MSE(Mean Squared Error), MAE (Mean Absolute Error).

 

Forecasting or forecasting is the activity of estimating what will happen later in the day with usually a very long time. Another understanding of forecasting (forecasting) is a method of calculating the analysis carried out with a qualitative or quantitative approach to predict future events using reference data before. Forecasting has the aim of estimating economic prospects and business activity and also the influence of the environment on these prospects. Forecasting (forecasting) is the most important part for every company and business organization when making management decisions. Forecasting itself is very important to be the basis of a plan in the short to medium term or long term of a company. In a forecasting (forecasting) it takes a minimum of errors (errors) therein. In order to minimize the level of error, it would be better if the forecasting was done in units of numbers or quantitative. Business plans such as the model of a device / product and the number of goods / units to be produced, which market is the strongest, how much labor to look for, how much capital is needed and how much raw material to buy is generally planned based on Forecast or Forecasting determined by Management. Bad forecasting will result in wrong business decisions and make the company not ready to meet customer demands and meet future demands so that it will be very dangerous for the company itself. Later it will cause loss of customers or get a big loss or even force the company concerned out of business. And of course, a good and accurate forecasting or forecasting can help a company prepare all of its resources to face all demands in the future so that it can benefit the company and win business competition.