Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Terhadap Penjadwalan Maintenance dengan Metode Reliability Centered Maintenance dan Grey FMEA

Authors
  • Rosnani Ginting Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Richard Spencer Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Issue       Vol 3 No 2 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.982
Keywords: Maintenance Reliability Centered Maintenance Grey FMEA Bussiness System Planning Sistem Pendukung Keputusan
Published 2020-11-30

Abstract

CV. Naga Mas bergerak dalam produksi suku cadang kendaraan bergerak. Perusahaan menerapkan sistem pemeliharaan korektif, kerugian yang terkait dengan penggunaan sistem ini adalah meningkatnya biaya karena downtime pada mesin, biaya perusahaan meningkat lebih tinggi ketika diperlukan lembur, biaya harus dikeluarkan untuk memperbaiki mesin, dan penggunaan perusahaan yang tidak efisien. Setelah menganalisis waktu kerusakan yang diperoleh dari perusahaan, jadwal perawatan mesin yang sebenarnya dengan penggantian komponen penting untuk komponen seal karet adalah 19 hari, komponen silinder hidrolik adalah 23 hari, komponen katup arah 27 hari, dan komponen katup relief adalah 67 hari. Waktu perbaikan aktual dengan suku cadang pengganti untuk segel karet adalah 2,42 jam, komponen hidrolik silinder 3,92 jam, komponen katup arah adalah 5,03 jam, dan komponen katup relief adalah 10,25 jam. Metode Sistem Pendukung Keputusan yang digunakan adalah Perencanaan Sistem Bisnis. Persetujuan BSP ini didasarkan pada penyelesaian berdasarkan proses atau proses berdasarkan. Metode ini cocok untuk mengembangkan rencana induk sistem informasi.

 

CV. Naga Mas engaged in the production of motor vehicle spare parts. The company implements a corrective maintenance system, losses caused by using the system are costs that increase when there is downtime on the machine, employee costs increase especially when overtime is needed, costs must be spent to repair the machine, and the use of employees is inefficient. After analyzing the breakdown time obtained from the company, the actual engine maintenance schedule with replacement of critical components for rubber seal components is 19 days, hydraulic cylinder components are 23 days, directional valve components are 27 days, and relief valve components are 67 days. The actual repair time with critical component replacement for the rubber seal component was 2.42 hours, the hydraulic cylinder component was 3.92 hours, the directional valve component was 5.03 hours, and the relief valve component was 10.25 hours. Decision Support System method used is Business System Planning. This BSP approach is based on a methodology based on process or process based. This method is suitable for developing a master plan of information systems.