Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Kajian Teoritis: Pariwisata Berkelanjutan berdasarkan Distinctiveness

Theoretical Study: Sustainable Tourism based on Distinctiveness

Authors
  • Nurlisa Ginting Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Perpustakaan Gedung J7 Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia, Kelompok Kerja Pariwisata Kawasan Danau Toba dan Pariwisata Berkelnajutan , Universitas Sumatera Utara, Jalan Dr. Mansyur Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia, Monitoring Centre for Sustainable Tourism Observatory (MCSTO) Universitas Sumatera Utara, Jalan Perpustakaan Gedung J7 Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia
  • Recrisa Lathersia Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Perpustakaan Gedung J7 Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia
  • Riris Adriaty Putri Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Perpustakaan Gedung J7 Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia
  • Munazirah Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Perpustakaan Gedung J7 Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia
  • Putri Ayu Dirgantara Yazib Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Perpustakaan Gedung J7 Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia
  • Annisa Salsabilla Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jalan Perpustakaan Gedung J7 Kampus USU, Medan, 20155, Indonesia
Issue       Vol 3 No 1 (2020): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v3i1.870
Keywords: Pariwisata Berkelanjutan Distinctiveness
Published 2020-09-30

Abstract

Pariwisata merupakan faktor penting dalam membentuk identitas pada suatu kawasan. Pariwisata berkelanjutan sendiri merupakan pariwisata yang memperkirakan dampak ekonomi, lingkungan, serta sosial budaya untuk masa yang akan datang. Kekahasan suatu kawasan pariwisata dapat menambah nilai dan kesan baik terhadap wisatawan. Penjualan produk - produk lokal kepada wisatawan juga dapat menurunkan angka kemiskinan masyarakat lokal. Oleh sebab itu keterkaitan antara pariwisata dan distinctiveness sangatlah signifikan karena kekhasan lokal yang dapat menghidupkan pariwisata kawasan sehingga dapat terus dikunjungi oleh wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan teori keterkaitan antar pariwisata berkelanjutan dan distinctiveness. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah tinjauan literatur teoritis yang berfokus pada kumpulan teori yang telah ditemukan pada penelitian sebelumnya kemudian mencari keterkaitan di antara teori-teori tersebut untuk mengembangkan sebuah teori baru. Berdasarkan hasil kajian teori ditemukan tiga aspek pariwisata berkelanjutan yaitu ekonomi, lingkungan, dan sosial budaya yang berdasarkan pada empat elemen distinctiveness yaitu landmark, keunikan, karakterter tertentu dan perbedaan persepsi.

Tourism is an important factor in shaping the identity of an area. Sustainable tourism itself is tourism that estimates the economic, environmental and socio-cultural impacts for the future. The particularity of a tourism area can add value and a good impression on tourists. Sales of local products to tourists can also reduce poverty rates for local people. Therefore the link between tourism and distinctiveness is very significant because of the local uniqueness that can revive regional tourism so that it can continue to be visited by tourists. The purpose of this study is to find a theory of the relationship between sustainable tourism and distinctiveness. The method used in this study is a review of theoretical literature that focuses on a collection of theories that have been found in previous studies and then look for links between these theories to develop a new theory. Based on the results of the theoretical study, three aspects of sustainable tourism are found, namely economic, environmental, and socio-cultural based on four distinctiveness elements namely landmarks, uniqueness, certain characteristics and differences in perception.