Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

The Analysis of Determine The Criteria of Car Painting Service Quality

Authors
  • Nofriani Fajrah Universitas Putera Batam, Batam, Indonesia
  • Yogi Perdana Universitas Putera Batam, Batam, Indonesia
Issue       Vol 2 No 3 (2019): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v2i3.789
Keywords: House of Quality (HoQ) Kriteria Kualitas Pelayanan Quality Function Deployment (QFD) Voice of Customer (VoC)
Published 2019-12-19

Abstract

Pertumbuhan kendaraan bermotor memberikan kesempatan kepada bisnis bengkel pengecatan mobil. Dewasa ini bisnis bengkel pengecatan mobil meningkat dan persaingan untuk memenuhi keinginan konsumen. Persaingan bisnis bengkel pengecatan mobil semakin ketat karena keinginan konsumen yang dinamis. Hal ini dikarenakan bisnis bengkel pengecatan mobil menawarkan pilihan jasa pengecatan sesuai dengan permintaan konsumen. Ogick Paint Art merupakan salah satu bengkel pengecatan mobil, perbaikan kendaraan dan modifikasi yang menerima hampir semua pengerjaan pengecatan seperti sepeda motor, mobil, dan aksesoris kendaraan bermotor lainnya. Tujuan dai penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana memperoleh kriteria kualitas yang sesuai dengan keinginan konsumen menggunakan kuesioner Voice of Customer (VoC). Data yang telah diperoleh dari kuesioner Voice of Customer (VoC) kemudian akan digunakan sebagai panduan dalam membangun House of Quality (HoQ). Berdasarkan perhitungan House of Quality (HoQ) diketahui bahwa kriteria kualitas yang memiliki nilai prioritas paling tinggi adalah daya tahan kilap dan daya tahan intensitas warna yang memperoleh nilai 5 dari nilai tingkat kepentingan konsumen. Sedangkan peringkat kepentingan spefikasi teknis tertinggi adalah 251.29 dengan nilai kepentingan absolut dan nilai kepentingan relatif secara berutut-turut adalah 81,87 dan 7,23% untuk spesifikasi teknis kesesuaian rasio pernis dan hardener.