Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Aplikasi Quality Function Deployment (QFD) dalam Mendesain Produk Turunan Andaliman

Authors
  • Oktaviani Panjaitan Program Studi Manajemen Rekayasa, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Del, Indonesia
  • Yosef Manik Program Studi Manajemen Rekayasa, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Del, Indonesia
Issue       Vol 2 No 3 (2019): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v2i3.698
Keywords: Perancangan Andaliman Oleh-oleh Danau Toba
Published 2019-12-19

Abstract

Kawasan Danau Toba telah dicanangkan oleh pemerintah menjadi salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional. Namun hingga saat ini belum banyak ditemukan produk oleh-oleh khas Kawasan Danau Toba seperti produk-produk turunan andaliman. Perancangan produk dalam studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendesain beberapa inovasi dari produk turunan andaliman yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan konsumen serta langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk mencapai spesifikasi tersebut. Dalam melakukan perancangan produk turunan andaliman, kami menggunakan Quality Function Deployment (QFD) yaitu sebuah teknik yang sudah teruji yang digunakan untuk menangkap dan menerjemahkan kebutuhan pelanggan yang menjadi karakteristik rekayasa untuk produk-produk turunan andaliman. Alat dari QFD yang disebut House of Quality (HoQ) dibangun dan dianalisis untuk menggambarkan hubungan antara kebutuhan kosumen terhadap respon teknis perusahaan. Dalam studi ini inovasi dari produk turunan andaliman yang dirancang adalah “mie andaliman” dan “balsem andaliman”. Pengembangan produk-produk tersebut direncanakan akan diproduksi oleh sekelompok masyarakat yang berada di Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir yang didukung oleh Taman Eden 100 dan Institut Teknologi Del dalam mengembangkan dan membudidayakan tanaman andaliman dan produk turunannya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan riset pasar kepada 200 wisatawan yang berada di sekitar Kawasan Danau Toba dengan rentang umur 17-65 tahun. Hasil yang didapat dari desain produk ini yaitu terdapat 32 dan 25 atribut spesifikasi yang menjadi faktor penentu tingkat kepuasan konsumen terhadap produk “mie andaliman” dan “balsem andaliman”. Dan terdapat 5 respon teknis yang diprioritaskan pada perancangan produk “mie andaliman” dan 4 respon teknis yang diprioritaskan pada perancangan produk “balsem andaliman”.