Analisis Faktor Internal dan Eksternal UKM Durian
Analysis of Internal and External Factors of Durian SMEs
Authors | ||
Issue | Vol 2 No 4 (2019): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
Section | Articles | |
Section |
Copyright (c) 2019 TALENTA Publisher This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
Galley | ||
DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v2i4.691 | |
Keywords: | Dodol Durian Olahan Durian SWOT Processed Durian | |
Published | 2019-12-18 |
Abstract
Durian sebagai buah eksotik musiman yang menjadi produk unggulan sumatera utara belum secara optimal diolah untuk menjadi produk hilir yang dapat dimakan kapanpun dan dimanapun saja tanpa ada keterbatasan tempat dan waktu. Durian sebagai buah musiman hanya dapat diperoleh pada saat musim durian (bulan juli-agustus). Pada umumnya buah dimakan secara langsung dan tanpa banyak mengalami proses. Sehingga perlu diupayakan solusi agar durian bisa disimpan sampai berminggu-minggu dengan olahan menjadi dodol durian yang lezat. Tujuan penelitian mencari alternative produk olahan durian yang kapan dan dimana saja dapat dikonsumsi. Metode digunakan penelitian ini dipakai menggunakan Analysis SWOT. Hasil penelitian didapatkan beberapa faktor seperti bahan baku, terdapat kandungan gizi dan memiliki citra rasa, t dan tanpa adanya bahan pengawet, Strategisnya tempat penjualan, terampil tenaga kerja lokal, pengusaha dan pekerja, teknologi yang memiliki komunikasi baik menggunakan semi modern, keoptimalan dalam produksi masih kurang,dan promosi yang berkurang. Sedangkan faktor-faktor eksternalnya teknologi industri makanan yang berkembang maju, daerah yang strategis untuk melakukan usaha industri dodol dimiliki pasar bengkel. dari kedua factor didapati yang menjadi kekuatan yang perlu ditingkatkan adalah mampu memproduksi produk dalam jumlah banyak dengan harga yang lebih terjangkau dari pada daerah lain, dan menjadi kelemahan yang dikurangi adalah distribusi produk keluar daerah masih kurang.
Durian as a seasonal exotic fruit which is a superior product of North Sumatra has not been optimally processed to become a downstream product that can be eaten anytime and anywhere without any time and place limits. Durian as a seasonal fruit can only be obtained during the durian season (July-August). In general, the fruit is eaten directly and without much process. So it is necessary to work out a solution so that durian can be stored for weeks by being processed into delicious durian dodol. The purpose of this research is to find alternative durian processed products that can be consumed or eaten anytime and anywhere. The method used in this study uses SWOT Analysis. The results found several internal factors such as the availability of raw materials, special taste, nutritional content and no preservatives, strategic place of sale, skilled local labor, good communication between employers and workers, technology used semi-modern, production is not optimal, and lack of promotion. While the external factor is the advancement of technology in the developing food industry, the workshop market has a strategic area to do dodol industry. of the two factors found that the strengths that need to be improved are being able to produce more products at a lower cost than in other regions, and the weakness being reduced is that product distribution out of the region is still lacking.