Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Penjadwalan Mesin Produksi dengan Metode Dynamic Programming Produk

Authors
  • Rosnani Ginting Universitas Sumatera Utara
  • Jeremi Sebastian Simamora Universitas Sumatera Utara
Issue       Vol 2 No 2 (2019): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v2i2.448
Keywords: scheduling dynamic programming stage state
Published 2019-05-31

Abstract

PT. ABC terus berupaya mempertahankan eksistensinya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Industri memberikan peranan yang besar, selain itu inustri juga merupakan salah satu bidang otomotif yang berorientasi ekspor yang memberikan kontribusi yang cukup berarti terhadap devisa Negara. Untuk mengoptimalkan hasil produksi maka perlu dilakukan
penjadwalan dari mesin – mesin yang digunakan. Metode yang dipakai adalah Dynamic Programming. Dengan menggunakan metode ini maka akan dilakukan penentuan jumlah stage dan state dari setiap mesin pada proses produksinya. Adapun data yang dibutuhkan adalah jumlah waktu standar, waktu proses produksi dan waktu setup untuk menentukan solusi optimal dari mesin – mesin yang digunakan dalam proses produksi. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan didapat urutan – uratan mesin yang digunakan sehingga didapat hasil optimal dari mesin – mesin produksi, antara lain mesin penghancur (granulator) untuk Meshing, Drum Rotator untuk pengadukan, Reynold untuk Wet Granulation, Static Oven untuk pengeringan, Killian RUZS untuk penekanan dan untuk proses pelapisannya digunakan mesin Accelacota 48”. Dari hasil penelitian ini didapat waktu setup setiap mesin, serta dapat disimpulkan bahwa waktu standar dari proses produksi digunakan untuk menentukan nilai Rti dari Dynamic Programming Method, yang terdiri dari beberapa tahap yang saling berhubungan dimana pada setiap tahap tersebut terdiri dari beberapa bagian yang mungkin dapat dipilih, maka tahapan yang dipilih adalah proses pencacahan (Meshing), Mixing, Wet Granulation, Drying, Compressing, dan Coating. Waktu yang dapat dioptimalkan (Ct) pada urutan proses produksi ini sebesar 1445 menit dengan penghematan waktu sebanyak 805 menit.

 

PT. ABC continues to strive to maintain its existence as a company engaged in manufacturing. Industry provides a large role, besides that, industry is also one of the export-oriented automotive fields that provides a significant contribution to the country's foreign exchange. To optimize production results, it is necessary to schedule the machines used. The method used is Dynamic Programming. By using this method, the number of stages and state of each machine will be determined in the production process. The data what is needed is the amount of standard time, production process time and setup time to determine the optimal solution of the machines used in the production process. Based on the data processing performed, the sequence is obtained- the machine is used so that the optimal results from the production machines are obtained, including the crushing machine (granulator) for Meshing, drum rotator for stirring, Reynold for Wet Granulation, Static Oven for drying, Killian RUZS for the machine and the coating process used by the machine Accelacota 48 ". From the results of this study, the setup time of each machine is obtained, and it can be concluded that the standard time of the production process is used to determine the Rti value of the Dynamic Programming Method, which consists of several interconnected stages where each of the stages may be selected , then the steps chosen are the process of enumeration (Meshing), Mixing, Wet Granulation, Drying, Compressing, and Coating. Optimized time (Ct) in the sequence of this production process is 1445 minutes with a time savings of 805 minutes.