Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Inventarisasi Potensi Wisata Pulau Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) (Studi Kasus: Pulau-pulau Kecil Di Kota Makassar)

Authors
  • Rohana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar
Issue       Vol 2 No 1 (2019): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v2i1.384
Keywords: Potential Tourism Island Geographic Information System (GIS) Makassar City
Published 2019-05-31

Abstract

Kota Makassar sebagai destinasi pariwisata memiliki banyak potensi pariwisata yang belum dikemas dengan baik. Wilayah kepulauan merupakan salah satu potensi tujuan wisata yang memberikan bentuk wisata yang berbeda dengan wisata pada daratan pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi wisata pulau-pulau kecil di Kota Makassar berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis spasial. Adapun pulau yang menjadi objek penelitian terdiri atas : Pulau Samalona, Pulau Lae-Lae, Pulau Kodingareng Keke, Pulau Kayangan, dan Pulau Lakkang. Berdasarkan potensinya, ada beberapa obyek wisata di daerah penelitian masih tergolong dalam kategori yang sudah berkembang, sedang berkembang dan hampir punah. Obyek wisata yang memiliki kategori yang sudah berkembang adalah Pulau Kayangan, Pulau Samalona dan Pulau Lae-lae. Pulau yang belum berkembang yaitu Pulau Kodingareng Keke, sedangkan yang hampir punah yaitu Pulau Lakkang.

 

Makassar City as a tourism destination has a lot of tourism potential that has not been well packed. The island area is one of the potential tourist destinations that provides a different form of tourism with tourism on land in general. This study aims to identify the tourism potential of small islands in Makassar City based on Geographic Information Systems (GIS). The method used in this study is the method of spatial analysis. The island which is the object of research consists of Samalona Island, Lae-Lae Island, Kodingareng Keke Island, Kayangan Island and Lakkang Island. Based on its potential, there are several tourism objects in the research area that are still categorized as developing, developing and almost extinct. Tourism objects that have developed categories are Kayangan Island, Samalona Island and Lae-lae Island. The undeveloped island is Kodingareng Keke Island, while the nearly extinct one is Lakkang Island.