Perancangan Produk Permeable Paving Block with Interlock dengan Metode Survei Pasar
| Authors | ||
| Issue | Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
| Section | Articles | |
| Section |
Copyright (c) 2025 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) ![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
| Galley | ||
| DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2632 | |
| Keywords: | Survei Pasar Paving Block Interlock System Kemiri Market Survey Candlenut | |
| Published | 2025-07-28 |
Abstract
Survei pasar ialah langkah penting sebelum memasarkan produk baru guna memahami preferensi dan kebutuhan pasar terhadap produk yang akan ditawarkan. Oleh karena itu, survei pasar dilakukan terhadap produk Permeable Paving Block with Interlock untuk mengetahui keinginan konsumen. Metode yang akan digunakan dalam survei ini adalah penyebaran kuesioner, yang memungkinkan pengumpulan data dari banyak responden secara lebih efisien dalam hal waktu dan biaya. Dalam menentukan jumlah sampel, digunakan metode Nomogram Harry King dengan tingkat pengambilan sampel sebesar 80% dari total populasi sebanyak 40 orang serta tingkat kesalahan 5%. Berdasarkan metode ini, jumlah sampel yang diperoleh adalah 39 responden. Kuesioner yang di gunakan terdiri atas dua jenis, yaitu kuesioner terbuka yang memberikan kebebasan bagi para responden dalam menjawab serta kuesioner tertutup memungkinkan jawaban lebih terstruktur dan spesifik. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menerapkan strategi Segmentation, Targeting, and Positioning (STP) serta dianalisis menggunakan product positioning map untuk memahami persepsi konsumen terhadap produk. Data hasil survei kemudian diuji dengan uji validitas dan reliabilitas guna memastikan keakuratan serta konsistensinya. Hasil analisis peta posisi menunjukkan bahwa produk Permeable Paving Block with Interlock berada di dua kuadran, yaitu kuadran A, yang mencerminkan faktor-faktor penting bagi konsumen tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan harapan mereka, serta kuadran B, yang mencakup faktor-faktor yang telah memenuhi ekspektasi konsumen.
Market survey is an essential step before launching a new product, as it helps to understand consumer preferences and needs. Therefore, a market survey was conducted for the Permeable Paving Block with Interlock to identify consumer expectations for this product. The survey method used was distributing questionnaires, which allows data collection from multiple respondents in a more time and costefficient manner. To determine the sample size, the Harry King Nomogram method was applied, with a sampling rate of 80% from a total population of 40 and a 5% margin of error. Based on this method, the obtained sample size was 39 respondents. The questionnaire used consisted of two types: an open-ended questionnaire, allowing respondents to provide unrestricted answers, and a closed-ended questionnaire, enabling more structured and specific responses. The questionnaire test distribution was carried ou witht using the Segmentation, Targeting, and Positioning (STP) strategy and analyzed using a product positioning map to assess consumer perceptions of the product. The collected data was then tested for validity and reliability to ensure accuracy and consistency. The product positioning map analysis results indicated that the Permeable Paving Block with Interlock fell into two quadrants: Quadrant A, which represents factors considered important by consumers but not yet fully meeting their expectations, and Quadrant B, which includes factors that align with consumer expectations.






