Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Perancangan Produk Multifunction Table Fan dengan Metode Survei Pasar

Authors
  • Risa Fahrani Purba Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Rut Dwita Yosephine Napitupulu Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • George Freshmind Sitohang Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jln. Dr. T. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
Issue       Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2630
Keywords: Survei Pasar Kipas Multifungsi Market Survey Fan Multifunction
Published 2025-07-28

Abstract

Sebelum memasarkan produk baru, penting dilakukan tahapan survei pasar. Survei pasar memiliki tujuan untuk mengenal keinginan pasar terhadap produk yang akan dijual. Oleh karena itu, dilakukanlah survei pasar terhadap produk Multifunction Table Fan untuk mengetahui keinginan konsumen terhadap produk ini. Jenis survei pasar yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner sehingga dapat mengumpulkan data keinginan dari banyak target pasar yang menjadi responden dealam waktu yang singkat dan biaya yang minimum. Metode sampling yang digunakan dalam menentukan jumlah sampel untuk produk Multifunction Table Fan adalah Nomogram Harry King dengan pengambilan sampel sebesar 80% dari 40 populasi dan taraf kesalahan 5%. Dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode Nomogram Harry King sehingga di dapatlah hasil perhitungan sebesar 39 yang berarti ukuran sampel yang dibutuhkan adalah 39 responden. Terdapat dua jenis kuesioner yang disebar yaitu kuesioner terbuka yang memungkinkan target menjawab pertanyaan tanpa batasan dan kuesioner tertutup untuk menjawab pertanyaan dengan lebih rinci. Kemudian kuesioner akan disebar dengan menggunalan strategi STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) serta menggunakan peta posisi produk (product positioning map) untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap produk. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner harus dievaluasi tingkat ketepatan dan konsistensi data dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Hasil analisis peta posisi menunjukkan bahwa produk Multifunction Table Fan berada Kuadran A merupakan area yang terdiri atas hal-hal dinilai penting oleh konsumen, namun realisasinya masih belum sesuai dengan ekspektasi mereka. Sementara itu, kuadran B mencakup faktor-faktor yang telah sesuai dengan ekspektasi konsumen

Before marketing a new product, it is important to conduct a market survey. The goals of the market survey is to understand what the target market desire in the product to be offered. Therefore, a market survey was conducted for the Multifunction Table Fan to identify consumer preferences regarding this product. The type of market survey conducted was through the distribution of questionnaires, so that the data can be collected from a large number of target consumers in a short time and at a minimal cost. To determine the sample size for the Multifunction Table Fan product, the Harry King Nomogram will be used as the sampling method, with a sample proportion of 80% from a population of 40 and a 5% error margin. The calculation using the Harry King Nomogram resulted in a required sample size of 39 respondents. The type of questionnaire used included open-ended questions that allow people to answer freely and closed-ended questions for more detailed answer. The questionnaires were distributed using the STP strategy (Segmentation, Targeting, and Positioning) and a product positioning map was utilized to analyze consumer perceptions of the product. The data obtained from the questionnaires must be evaluated for accuracy and consistency through validity and reliability testing. The results of the positioning map analysis showed that the Multifunction Table Fan is located in Quadrant A, which includes attributes considered important by consumers, but whose implementation still does not meet their expectations. Meanwhile, Quadrant B includes factors that already meet consumer expectations.