Perancangan Produk Therapy Lamp with Coffee Ground Humidifier Menggunakan Metode Survei Pasar
| Authors | ||
| Issue | Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) | |
| Section | Articles | |
| Section |
Copyright (c) 2025 Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) ![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |
|
| Galley | ||
| DOI: | https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2618 | |
| Keywords: | Kuesioner Produk Survei Pasar Questionnaire Product Market Survey | |
| Published | 2025-07-28 |
Abstract
Survei pasar mencakup tahap penemuan, pengumpulan, analisis, penyebaran, dan penggunaan informasi secara sistematis dan rasional untuk membantu manajemen menghasilkan solusi untuk masalah pemasaran. Survei pasar merupakan hal penting untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap produk Therapy Lamp with Coffee Ground Humidifier. Strategi pemasaran yang dipakai yakni segmentation, targetting dan positioning. Adapun target pasar yang dipilih yaitu penduduk Kota Medan dengan berusia 45 tahun ke atas dan dari kelas sosial atas dan menengah. Penyebaran kuesioner kepada sejumlah responden yang disesuaikan dengan sasaran dan tujuan penelitian dilakukan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dan diolah agar data tersebut dapat menjadi dasar untuk merancang spesifikasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Jumlah sampel ditentukan dengan nomogram Harry King dan menghasilkan jumlah sampel sebanyak 39 responden. Metode yang digunakan mencakup kuesioner terbuka dan tertutup. Setelah dilakukan pengumpulan data, uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diperoleh valid dan reliabel. Produk Kelompok VI-B berada pada kuadran B yang menunjukkan bahwa konsumen berpandangan bahwa beberapa atribut sangat penting dan kinerja dari atribut yang dinilai sudah memuaskan. Produk Pesaing I, Pesaing II, dan Pesaing 3 terletak pada kuadran C yang menunjukkan bahwa konsumen merasa tidak puas akan suatu atribut dan menganggap bahwa atribut tersebut penting.
Market surveys include the process of systematically and rationally discovering, collecting, analyzing, disseminating and using information to help management generate solutions to marketing problems. Market surveys are important to find out people's views on Therapy Lamp with Coffee Ground Humidifier products. The marketing strategy used is segmentation, targeting and positioning. The target market chosen is residents of Medan City aged 45 years and over and from the upper and middle social classes. The distribution of questionnaires to a number of respondents tailored to the objectives and objectives of the study was carried out to collect data. The data collected was then analyzed and processed so that the data could be the basis for designing product specifications that are in accordance with market needs. The sample size was determined using the Harry King nomogram and resulted in a sample size of 39 respondents. The methods used included open and closed questionnaires. After data collection, validity and reliability tests were conducted to ensure that the data obtained were valid and reliable. Group VI-B products are in quadrant B which indicates that consumers feel that some attributes are very important and the performance of these attributes is satisfactory. Competitor I, Competitor II, and Competitor 3 products are in quadrant C which indicates that consumers are dissatisfied with an attribute and consider that the attribute is important.






