Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Survei Pasar Perancangan Produk Self-Charging by Piezoelectric Shoe Insole

Authors
  • Ruth Stephani Simbolon Program Studi Sarjana Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Indah Tri Wulandari Harahap Program Studi Sarjana Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
  • Dinda Hafisa Program Studi Sarjana Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Jl. Dr. Mansyur No. 9 Padang Bulan, Medan 20155, Indonesia
Issue       Vol 8 No 1 (2025): Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE)
Section       Articles
Galley      
DOI: https://doi.org/10.32734/ee.v8i1.2607
Keywords: Survei Pasar Sepatu Energi Listrik Optimal Market Survey Shoes Electrical Energy Optimizataion
Published 2025-07-28

Abstract

Survei pasar memiliki langkah penting dalam perancangan produk guna memahami kebutuhan dan preferensi konsumen sebelum produk dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pasar serta ekspektasi pengguna terhadap produk Self-Charging by Piezoelectric Shoe Insole, sebuah insole sepatu yang mampu menghasilkan energi listrik melalui tekanan mekanis akibat langkah kaki pengguna. Produk ini menggunakan material piezoelektrik yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik, sehingga dapat digunakan sebagai sumber daya alternatif untuk mengisi daya perangkat elektronik kecil. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif  survei pasar akan melakukan penyebaran kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup kepada 39 responden yang dipilih berdasarkan metode Nomogram Harry King. Data yang diperoleh dianalisis dari uji validitas dengan metode Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach's Alpha. Hasil pengujian validitas menunjukkan bahwa semua atribut produk memenuhi kriteria validitas dengan nilai rhitung lebih besar dari 0,3160, sedangkan uji reliabilitas menunjukkan tingkat keandalan yang baik dengan menggunakan taraf signifikan 5% dan sampel sebanyak 39 responden. Hal ini membuktikan bahwa alat penelitian yang digunakan telah valid dan reliabel, oleh karena itu produk ini memiliki potensi tinggi untuk diterima oleh pasar dan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan penyempurnaan fitur agar lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Market surveys are important steps in product design to understand consumer needs and preferences before products are marketed. This research aims to analyze market potential and user expectations for the Self-Charging by Piezoelectric Shoe Insole product, a shoe insole that can generate electrical energy through mechanical pressure from the user's footsteps. This product uses piezoelectric material that converts mechanical energy into electrical energy, so it can be used as an alternative resource to charge small electronic devices. This research was conducted using quantitative methods through market surveys by distributing open and closed questionnaires to 39 respondents selected based on the Harry King Nomogram method. The data obtained was analyzed using a validity test with the Product Moment method and a reliability test using the Cronbach's Alpha formula. The validity test results showed that all product attributes met the validity criteria with calculated r-values greater than 0.3160, while the reliability test showed a good reliability level using a significant level of 5% and a sample of 39 respondents. This proves that the research tools used were valid and reliable, therefore this product has high potential to be accepted by the market and can be further developed with improved features to better meet consumer needs.